Tolong sebarkan e-mail ini ... mungkin ada yg tau e-mail nya Pak Presiden
ato Ibu Ani SBY (yg katanya duta ASI Nasional)

Teman-teman sekalian,

Saya adalah Ibu dari seorang anak yang berusia 5 bulan. Kecintaan dan
tanggung jawab saya terhadap Lio, begitu dia dipanggil, membuat saya
bertekad untuk menyusuinya selama mungkin. Di tempat saya bekerja, saya
beruntung dapat meminjam ruang dokumen milik Finance & Accounting
Department untuk menampung ASI yang saya titipkan kepada Ibu mertua saya
untuk diberikan kepada Lio setiap harinya. Hari Libur menjadi waktu yang
sangat ditunggu-tunggu karena hanya di hari-hari tersebut saya bisa
menghabiskan waktu sepanjang hari bersama Lio. Pulang kerja terlambat
tidak pernah lagi saya lakukan karena rasanya "rugi" apabila harus
menghilangkan waktu sedetikpun tanpa bersama Lio.

Hal ini juga saya rasakan apabila ada keperluan di luar rumah, entah untuk

belanja keperluan bulanan, sampai sekedar shopping atau rekreasi untuk
menghilangkan kejenuhan. Pokoknya Lio harus saya bawa kemana saja.
Sayangnya hal ini kadang menjadi bumerang sendiri untuk saya. karena tidak

adanya ruang laktasi yang cukup, acara santai jadi harus tegang karena
harus buru-buru pulang khawatir Lio keburu nangis kalau sudah waktunya
minum tetapi tidak ada tempat. Belum lagi di Jakarta yang super macet ini.

Banyak liputan di majalah yang memberikan informasi tentang pentingnya ASI

bagi balita dan juga himbauan pengadaan ruang laktasi di tempat-tempat
umum. Tetapi sampai sekarang bentuknya hanya himbauan semata dan
realisasinya sangat jauh dari harapan. Tak jarang kita risih melihat para
Ibu yang langsung "buka dada" untuk menyusui anaknya di tengah keramaian.
Kalaupun ingin mencari tempat yang agak tertutup, yang tersedia hanyalah
toilet umum. Sungguh tidak beradab!

Selain untuk "berbuat kebajikan", kalau mau dipikir-pikir, adanya ruang
laktasi sebenarnya pun mendatangkan keuntungan bagi para pengusaha.
Sebagai contoh kita ambil sebuah Mal. Tanpa adanya ruang laktasi, kita
para Ibu-ibu muda yang baru punya balita, rasanya malas pergi kemana-mana.

Jadi kita minta suami kita yang pergi berbelanja untuk kita. Dan kita
semua tahu kalau suami yang pergi, ada saja yang ketinggalan. Tetapi
sebaliknya, dengan adanya ruang laktasi, para ibu muda akan lebih tenang
dan betah berlama-lama belanja. Dan kalau Ibu-ibu yang belanja, kadang
yang tidak perlu pun dibeli....=)

Ruang laktasi terbaik yang pernah saya kunjungi selama ini adalah di
Pondok Indah Mal 2. Ruangannya bersih, cukup besar dan nyaman. Mal Ciputra

dan Megamal menyediakan tempat tidur bayi pula. Ada buku yang mencatat
siapa saja yang pernah mampir kesana, dan saya lihat daftarnya cukup
panjang. Ini berarti keberadaan ruang laktasi cukup dibutuhkan.

Sudah beberapa tempat saya tulisi surat permohonan untuk pengadaan ruang
laktasi, ke instansi-instansi pemerintah, penyelenggara tempat
perbelanjaan. Saya tidak tahu bagaimana hasilnya. Tetapi saya tidak akan
berhenti mencoba agar hal ini dapat terealisasi. Melalui email ini, mohon
kepada seluruh penerima agar meneruskan lagi ke semua orang yang mereka
kenal. Saya harap suatu hari email saya bisa mampir ke pemerintah
Indonesia, anggota DPR MPR, pemilik gedung-gedung besar, arsitek,
kontraktor, pengelola Mal, hypermarket (Giant, Carrefour, dsb), tempat
rekreasi umum (Ancol, kebun binatang, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun
buah, dll), tempat pameran (furniture, perumahan, automotive, PRJ, dll),
dll. Tolong sampaikan kepada mereka bahwa pangsa pasar Ibu-ibu sering
dilupakan oleh pengusaha, padahal mereka sebenarnya cukup berpotensi untuk

mendatangkan keuntungan.

Apabila suatu hari nanti harapan saya terwujud, mohon jangan sampai ruang
laktasi asal ada dan jorok karena kurang dirawat. Jadi jangan sampai si
Ibu harus antri 1 jam untuk menyusui anaknya, menyusui sambil menutup
hidung karena ruangan yang bau atau mau cuci tangan tidak bisa karena air
keran yang rusak atau bocor.

Dari,
Bundanya Lio

*** Mohon luangkan sedikit dari waktu Anda yang berharga untuk
menyebarkan email ini sebanyak-banyaknya ke semua orang
yang Anda kenal. Keberadaaan ruang laktasi dibutuhkan oleh Anda sendiri,
istri, saudara atau sahabat Anda. Apabila suatu hari email

ini sampai kepada orang yang mempunyai "kuasa" untuk mewujudkannya, itu
berarti suatu perbuatan baik telah Anda lakukan... ASI, adalah anugrah
terbaik dari Tuhan untuk anak-anak kita.

Kirim email ke