dear mama ruth,
  apakah anak anda cuman telat ngomong aja ato ada gejala yang lain, kalo cuman
telat ngomong mungkin seiring dengan bertambahnya umur omongannya akan jelas.
tetapi kalo ada gejala lain misalnya kalo dipanggill gak noleh ato tohpun noleh
tapi jarang sekali, pemahaman perintah kurang, komunikasi kurang seperti saran
bunda nayla, saya setuju anak ibu perlu di bawa ke klinik tumbuh kembang,
disitu banyak dokter spesialis.

  Anak saya terlambat bicara juga umurnya 3 tahun 4 bulan saat ini lagi terapi
di tempat dr. hardiono pusponegoro, ibu juga bisa bawa anak ibu ke klinik
anakku di kelapa gading dengan dr. hardiono, kalo di rs. bunda yang saya tahu
dr. linda yang bagus (kalo gak salah ya bu).

  oya bu sebaiknya konsumsi nonton TV nya dikurangi, karena itu komunikasi satu
arah aja, sebaiknya sering diajak main dan sambil diajak komunikasi.biasanya
anak-anak lebih cepat belajar lewat cara bermain.

  semoga membantu.

  Bunda Alya dan Afiq

Henny Febrianto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Mama Ruth,
jika memang khawatir, mungkin bisa dibawa anaknya ke Klinik Tumbuh Kembang..
misalanya di Rs. Bunda Menteng.
Mereka akan memberikan penjelasan dengan detil.
--
Regards,
Henny - bunda Nayla

http://mynayla.blogspot.com
http://artikelseputarbayi.blogspot.com

On 11/6/06, Horas Manullang wrote:

> Dear All,
> Salam kenal ya buat semuanya...
> Anakku ruth sampai dengan hari ini umurnya 4,5 tahun belum terlalu
> lancar ngomongnya. Kenapa ya?? Padahal kalau ku lihat anak2 orang lain
> usia 2-3 tahun aja ngomongnya udah lancar. Oia dia hari2nya dihabiskan
> dengan menonton TV dan main game di komputer akibatnya dia jadi sering
> niru2 film kartun favoritnya itu (biasanya kalau enggak dora, ya kartun
> dari channel cartoon network). Kadang dia juga suka ngomong sendiri
> dengan memakai "bahasa kartun atau bahasa doranya". Normal gak ya...??
> [...]

Want to start your own business? Learn how on Yahoo! Small Business.

Kirim email ke