Mbak Rita..

Klo emg blum dpt imunisasi MMR n blum pernah kena
penyakitnya sebaiknya sihh 3-6 bln sebelum
merencanakan kehamilan imunisasi dulu utk proteksi…
Utk memastikannya bisa tes darah dulu apakah udah
kebal atau blum thd rubella.. tau klo emg sedang
merencanakan kehamilan tes pra hamil dulu aja spt Tes
TORCH
ini artikelnya

PENTINGNYA PEMERIKSAAN TORCH BAGI IBU HAMIL

*Apakah pemeriksaan TORCH itu ?*

Pemeriksaan *TORCH* adalah pemeriksaan yang bertujuan
untuk mendeteksi
infeksi TORCH, yang disebabkan oleh parasit
*TO*xoplasma, virus *R*ubella, *
C*ytomegalovirus (CMV) dan virus *H*erpes.

Cara mengetahui infeksi TORCH adalah dengan mendeteksi
adanya antibodi dalam
darah pasien, yaitu dengan pemeriksaan :

   - Anti-Toxoplasma *IgM* dan Anti-Toxoplasma IgG
   (untuk mendeteksi infeksi Toxoplasma)
   - Anti-Rubella *IgM* dan Anti-Rubella IgG
   (Untuk mendeteksi infeksi Rubella)
   - Anti-CMV *IgM* dan Anti-CMV IgG
   (untuk mendeteksi infeksi Cytomegalovirus)
   - Anti-*HSV2* *IgM* dan Anti-*HSV2* IgG
   (untuk mendeteksi infeksi virus Herpes)

Infeksi toksoplasma dan CMV dapat dapat bersifat laten
tetapi yang berbahaya
adalah infeksi primer (infeksi yang baru pertama
terjadi di saat kehamilan,
terutama pada trimester pertama). Jadi, bila hasil
pemeriksaan (yang
dilakukan saat hamil) positif maka perlu dilihat lebih
lanjut apakah infeksi
baru terjadi atau telah lama berlangsung. Untuk itu
perlu dilakukan
pemeriksaan :

   - Aviditas Anti-Toxoplasma IgG
   - Aviditas Anti-CMV IgG

*Mengapa Ibu Hamil Perlu Melakukan Pemeriksaan TORCH
?*

Infeksi TORCH yang terjadi pada ibu hamil dapat
menyebabkan keguguran, bayi
lahir prematur, dan dapat juga menyebabkan kelainan
pada janin yang
dikandungnya. Kelainan yang muncul dapat bersifat
ringan atau berat,
kadang-kadang baru timbul gejala setelah remaja.

*Kelainan yang muncul dapat berupa :*

   - kerusakan mata (radang mata)
   - kerusakan telinga (tuli)
   - kerusakan jantung
   - gangguan pertumbuhan
   - gangguan saraf pusat
   - kerusakan otak (radang otak)
   - keterbelakangan mental
   - pembesaran hati dan limpa

*Pada umumnya, infeksi TORCH yang terjadi pada ibu
hamil tidak bergejala
sehingga untuk mendiagnosis adanya infeksi TORCH
diperlukan pemeriksaan
laboratorium*

*Siapa & kapan perlu melakukan pemeriksaan TORCH ?*

   -

   Wanita yang akan hamil atau merencanakan segera
hamil
   -

   Wanita yang baru/sedang hamil bila hasil sebelumnya
negatif atau belum
   diperiksa, idealnya dipantau setiap 3 bulan sekali
   -

   Bayi baru lahir yang ibunya terinfeksi pada saat
hamil

*PANEL TORCH*

   -

   Anti-Toxoplasma *IgM*
   -

   Anti-Toxoplasma IgG
   -

   Anti-Rubella *IgM*
   -

   Anti-Rubella IgG
   -

   Anti-CMV *IgM*
   -

   Anti-CMV IgG
   -

   Anti *HSV2* *IgM*
   -

   Anti *HSV2* IgG

*Bayi yang lahir sehat tanpa cacat merupakan idaman
semua ibu hamil. Karena
itu, ibu hamil harus merawat kehamilannya sejak dini
dengan memeriksakan
diri secara teratur ke dokter, menjaga kebersihan dan
mengkonsumsi makanan
bergizi. Disamping itu, melakukan pemeriksaan
laboratorium sebelum dan
selama kehamilan juga sangat penting.*

*Untuk keterangan lebih lengkap silakan menghubungi
Laboratorium Klinik Prodia terdekat*

*Torch, Avidity & Kehamilan
erna: Friday, May 13, 2005 9:14 PM
 *
 *Pertanyaan*:
*
Dokter, saya melakukan test TORCH tgl. 04-05-2005 di
Prodia Solo.
Adapun hasil yg didapat :
# Anti Toxo-IgG Avidity : High Avidity ( 0.557 ) :
Nilai rujukan (-)
# Anti Toxoplasma IgM : Negatif ( 0.03 ) : Nilai
rujukan : (-)
# Anti Toxoplasma IgG : Positif ( 329 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti Rubella IgM : Negatif ( 0.09 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti Rubella IgG : Positif ( 193) : Nilai
rujukan (-)
# Anti CMV IgM : Negatif ( 0.11 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti CMV IgG : Negatif ( 87 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti CMV IgG Avidity : indeks ( 0.95 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti HSV2 IgM : Negatif ( 0.31 ) : Nilai
rujukan (-)
# Anti HSV2 IgG : Negatif ( 0.28 ) : Nilai rujukan (-)

Mnrt hasil di atas, saya pernah terkena Toxoplasma
tetapi lampau (IgG = 329)
berarti saya sudah mempunyai antibodinya.
Yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah antibodi yg > 300 bisa berdampak buruk
terhadap kehamilan?
2. Apabila hamil apakah saya bisa kena TORCH lagi ?
3. Avidity toxo-IgG = high avidity. Apa maksudnya ?
4. Saya pernah membaca hasil konsultasi di internet
bhw IgM harus - , tetapi
mengapa di hasil test saya hasilnya 0,XX tapi
dinyatakan negatif ? Apakah
itu harus diobati? karena semua hasil IgM tidak – (
0,03 s/d 0.31 ) Kalau
TIDAK DIOBATI apakah pengaruhnya pada janin kalo saya
hamil ?

Maaf bila pertanyaan banyak. Mohon saran dan
penjelasannya. Terima kasih.

 * *
Jawaban:*

1.  Dari data yang Erna berikan mengenai toksoplasma,
terdapat *IgM* yang
negative, tetapi IgG positif (329). Ini menunjukkan
bahwa infeksi
toksoplasma yang ada pada Erna bukanlah suatu infeksi
baru, tetapi infeksi
di masa lampau. Tetapi infeksi di masa lampau ini bisa
mengalami reaktivasi/
aktif kembali. Cara untuk mengetahui apakah infeksi
ini merupakan reaktivasi
atau tidak, maka Erna harus melakukan test ulang 3
minggu setelah test
pertama. Jika IgG mengalami peningkatan 4x lipat maka
berarti telah terjadi
reaktivasi dan perlu mendapatkan pengobatan

2.  Bisa

3.  Dengan memeriksa IgG avidity, kita bisa mengetahui
kapan infeksi
toksoplasma itu terjadi. Jika avidity IgG tinggi
(>0,3) maka berarti infeksi
itu terjadi sebelum kehamilan, sedangkan jika IgG
avidity rendah (<0,3) maka
infeksi toksoplasma terjadi selama masa kehamilan

4.  *IgM *secara kualitatif nilai normalnya memang
harus negatif, tetapi
secara kuantitatif ada nilai tersendiri yang masih
bisa kita golongkan
negatif. Misalnya saja untuk *IgM *toxoplasma, masih
digolongkan negatif
apabila < 0,55. Jadi untuk kasus Mbak Erna rasanya
belum perlu mendapatkan
pengobatan.

Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya
berikan dapat menjawab
pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada
pertanyaan lain dapat
menghubungi kami kembali.

*(Dr. Dewi Martalena)* dr lab Klinik Prodia

Ke dokter umum aja bisa kok or ke klinik yg melayani
imunisasi dewasa…

Smoga bs dikit bantu yaaa

Uci mamaKavin+

--- Rita Yulianti <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Mbak....and all SP
> aku kan belum pernah cacar neh sampe sekarang....
> trus takut juga neh ntar kalo hamil anak kedua....
> aku nggak KB juga neh....
> jadi apa sebaiknya divaksin dari sekarang spy
> safe...
> lucu nggak seh kalo tiba2 ke dokter minta divaksin
> rubella.....
> kalo sebelumnya udah vaksin rubella gimana yach ?...
> soalnya gak ngerti neh udah vaksin itu apa
> belum....yg jelas kemaren adekku
> kena rubella aku ada deket dia terus2an kok gak
> nular ya.....

> [...]

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com