menurut saya yang ideal untuk anak2 kami adalah,
+ membantu, mengarahkan, menyediakan fasilitas untuk anak2 sesuai bakat,
keinginan, dan kemampuan mereka (dan kemampuan ortu juga tentunya)
+  tp tetap dgn memberikan batasan2/aturan2 tertentu,
+ serta reward & punishmentnya juga hrs tetap ada.

kami ndak mau, anak itu menjadi pembayar kesalahan/ketertinggalan kami di
masa lalu, misalnya dulu kita ga bisa jadi dokter, trus anak dipaksa dgn
cara halus ato kasar utk jadi dokter.

saya sutuju banget dgn pak Jusuf, blm tentu anak yg pinter  tp dia bisa
sukses di dewasanya
-sondang-

                      [EMAIL PROTECTED]

                      on-asia.com              To:
balita-anda@balita-anda.com
                                               cc:

                      09/11/2006 11:51         Subject: RE: [balita-anda]
Ajari bayi anda membaca & matematika sambil
                      Please respond           bermain! [Virus Checked]

                      to balita-anda

Susah juga yah sebagian orang tua mau membentuk anak berdasarkan
egonya...ada sebagian orang tua yang liberal terserah anaknya mau
bagaimana....

Kalo berdasarkan pengalaman pribadi saya...
Jaman dulu tuh gak ada yang namanya play group tapi saya dan kakak adik
dibebaskan untuk bermain sepuasnya tapi ortu tetap tegas kalo jam makan &
tidur harus tertib...
dan ayah saya selalu mengajak anak anaknya sedari kecil pekerjaan prakarya
atau pekerjaan rumah yang sederhana...
berhubung ayah saya memang kreatif bisa membuat meja , lemari , kursi dari
kayu jadi dari kecil kita tau tuh gimana cara menggergaji , ngamplas dll...
jadi pas aku SMP aku bisa bikin prakarya sendiri lemari kecil untuk boneka
untuk di kamar yang aku gergaji sendiri, aku paku sendiri dan dicet semau
aku dan ayah ku gak bantuin cuma kasih saran ajah...

Dan tanpa disadari ortu ngajar kita untuk berfikir kreatif dan logic...dan
membuat saya jadi orang kreatif kali yah...
waktu gak punya uang jajan sekolah...aku bikin prakarya trus aku jual ke
temen temen sekolah
trus waktu ada tugas bikin peta dari bubur kertas koran...temen temenku
banyak yang males tuh...pake jasa aku bayar juga..
trus tugas gambar yang pada males pake jasa aku ..heheh lumayan buat
tambah2 jajan

Pas SMA aku ikut kegiatan menari yang bisa show kemana mana dan dapet honor
juga....

Nah dengan keterbatasan ekonomi keluarga dan didikan kreatifitas orang tua
sebenernya mengajarkan anak untuk survive gimana cara untuk melanjutkan
hidup dan menghargai hidup...

Puji Tuhan Kakak adik ku karakternya sama kayak aku...makannya aku Thank
you banget untuk Ibu Bapak ku yang udah didik aku dengan keterbatas an...

Sekaran PR buat aku..gimana yah mengajarkan anak ku untuk bisa jiwa yang
mandiri dan bisa survive di hidupnya nanti....

             "Dewi Sari"
             <[EMAIL PROTECTED]
             a-sci.com>                                                 To
                                       <balita-anda@balita-anda.com>
             09/11/2006 11:25                                           cc
             AM
                                                                   Subject
                                       RE: [balita-anda]  Ajari bayi anda
             Please respond to         membaca & matematika sambil
             [EMAIL PROTECTED]         bermain! [Virus Checked]
                a-anda.com

Saya setuju sekali sama pemikiran pak JJK ini...Kebanyakan orang tua
ingin menjadikan anak yang Luar Biasa tapi atas ambisi orang tua.tak
perduli apakah anaknya tak bisa menikmati hidup dan menderita karena
harus ikut les ini les itu kurang waktu bermain..dll... Jarang sekali
orang tua yang menginginkan agar anak2nya manjadi anak yang biasa saja,
bisa menikmati hidup dan bahagia lahir batin. Kalaupun mereka menonjol
karena suatu bakat dan kepandaian itu karena keinginan mereka bukan
ambisi orang tua. Salut deh buat Pak JJK...Semoga saya juga bisa seperti
Pak JJK dalam mengasuh kedua anak saya....

Regards,

PALUPI