aduh
saya pasti bisa bantu...
apa sih yg saya gak bisa..... kalo ada internet adsl 512MB pake sendiri, apa aja pasti bisa mbak... kamus saya kan segambreng (google, yahoo, mayo, emedicine, babycentre, dll) keekkekekek jadi gak perlu otak lagi nulisnya..... :P~

dan karena saya pengennn bgt email saya dilolosin, saya coba bantu jawab ya mbak....
berikut saya intisarikan dari http://www.emedicinehealth.com/

herpes mulut memang disebabkan oleh virus herpes simplek, gejalanya adalah daerah sekitar mulut (bibir, gusi, lidah, langit2 mulut, dan dalam tenggorokan) jadi perih dan berwarna merah, demam dan ngilu otot... bagi anak2 batita sangat normal terjadi, dan biasanay muncul di daerah mulut. yg namanya virus, pasti nular....melalui ludah contohnya.... dan karena sifat virus ini sangat sangat menular, hampir semua orang pasti pernah menderita herpes semasa hidupnya....

penyakit ini memang bisa ngulang mbak... hal ini dikarenakan virus dah masuk ke jaringan syaraf anak mbak.... disana virus berkembang biak dan menjadi seakan2 tidak aktif.... virus yg gak aktif ini sewaktu2 bisa aktif lagi (dan herpes anak jadi kumat lagi) saat anak sedang menurun daya tahan tubuhnya, atau lagi stress....
saya lgsg ke treatmentnya ya...
namanya virus, pan bakal mati sendiri mbak.... sementara ini, bisa di home treatment ajah..... kalo demam, kasi acetaminophen/parasetamol.... lalu perbanyak cairan untuk mencegah dehidrasi....

selain itu, biasanya dokter akan meresepkan lidocaine untuk dioleskan ke daerah yg sakit.....
dan penyakit ini kadang butuh rawat inap kalau:
- infeksinya sudah parah bgt
- infeksinya meluas ke organ tubuh lain
- daya tahan tubuh sangat rendah (orang with HIV/AIDS)
- dehidrasi berat
- bayi dibawah 6 bulan

jadi mbak, saran saya, yg utama adalah:
- perbanyak minum
- siapkan obat demam dan obat pengurang rasa sakit....

itu aja ya mbakkkkkkkk

hidup google!!! saya jadi terlihat pinter!!!
   a..
----- Original Message ----- From: "sofie_w" <[EMAIL PROTECTED]>