nemunya bukan artikel Mbak, tapi sharing di milis _Sehat_, brikut link
dan kutipan salah satu postingannya :
Re: [sehat] hidung tersumbat sebelah vs gigi ngilu??

mba intan, saya curiga mba kena sinusitis. biasanya suka diawali sakit
batuk/pilek yg membuat hidung buntu...lalu gara2 buntu ini, cairan di
rongga sinus jadi gak bisa keluar dan hal ini menjadi lingkungan yg ideal
bagi virus/bakteri untuk berkembang biak, terjadilah radang. selain karena
pilek, hidung buntu bisa juga terjadi/diperparah dgn adanya kondisi
alergi, spt yg saya alami sendiri.

gejala yg saya alami kalau lagi kena sinusitis mirip yg di alami oleh mba
intan, yaitu hidung mampet, keluarnya cairan dari hidung yg tersumbat
sedikit demi sedikit dan pusing/sakit kepala, apalagi kalau pas naik
pesawat ketika mau landing...wuiiih sakitnya kepala seperti ditusuk2
jarum.

selain itu, kadang kalau saya ada demamnya juga, walau tidak tinggi...dan
juga daerah sekitar hidung serta alis sakit bila dipencet. apakah mba
mengalami hal ini juga? tetapi selama ini saya tidak pernah sakit gigi.

kalau saya sudah mulai merasakan gejala mengarah ke sinusitis, saya cepat2
berusaha menguras keluar cairan yg terjebak di rongga sinus. caranya dgn
terapi uap dirumah. tinggal sedia air panas, teteskan minyak kayu putih
lalu hirup uapnya. biasanya saya tutup kepala saya dgn handuk agar semakin
banyak uap yg terhirup. selain itu saya juga minum obat yg mengandung
antihistamin dan dekongestan, tapi saya batasi maks. 2 hari minum obatnya.
Alhamdulillah sampai sekarang, cara ini cukup ampuh untuk mencegah
sinusitisnya bertambah parah.

semoga cepat sembuh yah mba.

Regards,
Gendi Jatikusumah
hidung tersumbat sebelah vs gigi ngilu??
Dear All, saya mau sedikti cerita nie, mohon ditanggepi ya..

Beberapa hari yang lalu saya batuk berdahak, sekarang dah baikan
dahaknya dah encer, eh kok ujug2 saya tadi jam 3 dini hari terbangun
karena hidung saya yang sebelah kiri mampet dan gigi geraham saya
kiri atas juga linu banget,

Pusing juga rasanya.. wah kok serangannya tiba2 gini ya, padahal
kemarin saya masih baik2 saja loh

Ditambah lagi ternyata dini hari tadi saya ternyata menstruasi
pertama,

Mungkin keduanyalah yang bikin badan saya tambah gak enak..

Yang mo saya tanyakan: apakah ada hubungannya hidung tersumbat dengan
gigi ngilu? Mengingat tempatnya sama?

Ingus coba saya keluarkan warnannya kental kuning gelap, tapi pas
pagi dah netes2 aja terus kayak keran bocor. Anehnya ini terjadi Cuma
di hidung sebelah kiri??

Is it normal??

Hidung sebelah kanan gak ada apa2nya blas...

Apakah karena saya menstruasi jadi memperburuk keadaan??

Karena saya jadi mikir yang nggak2 nih, soalnya pernah dengar kalo
hidung tesumbat, pusing n gigi ngilu ada hubungannya dengan
meradangnya rongga sinus??apa mungkin lendir batuk saya bisa naik
kesitu yang bikin tiba2 saya begini??

Please tanggapannya ya.. pusing banget hari ini ..
~ Intan Permata R ~

PT.Astra Honda Motor