From: melisa [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, December 11, 2006 4:30 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Konsultan Pernikahan?

Konsultan pernikahan sama konsultan perkawinan beda lho,..

Kan gini,..ada suami istri, udah punya anak 2. Suaminya ini anaknya mantan
pejabat, agak2 snobis gak mau kerja jadi employee, kerjanya serabutan cari
proyek2 dg nama ortunya. Karena sekarang udah jaman reboisasi, agak susah
dapet proyek2 gitu, jadi jobless deh. Sementara tinggal sekeluarga di rumah
ortunya cowok ini. Semua biaya ditanggung ortu.

Yg ceweknya ini mantan anak gaul, jadi agak2 stress aja dipaksa ngendon di
rumah melulu, pengen kerja tapi sejak anaknya lahir mengutamakan kasih ASI
eks dulu sampe 2 tahun. Sekarang anaknya udah lewat dari 2 thn semua pengen
kerja. Tapi jangankan ongkos transport, untuk makan dan beli kosmetik aja
hasil sumbangan mertua.

Baru2 ini mertuanya udah mulai komplain, katanya udah pensiun masih harus
nanggung cucu dan mantu, tiap hari kerjanya ngomel aja, kayak enggak ikhlas
gitu.

Ceweknya curhat barusan, aku kasih 2 alternatif:
1 Harta yg tersisa di cewek itu, cuman 1 cincin kawin seharga 2 jutaan.
Gade-an aja, ijin pulang ke mertua bilang sudah malu jadi tanggungan terus,
dan pulang aja ke rumah ortu sendiri. Resiko,...tanggung sendiri

2 Sabar,..percaya sama suami, kalo sekarang belum ada duit untuk mandiri,
suatu saat pasti ada (cuman emang ngomong lebih gampang dari ngelaksanaain)
Telen aja dalem2, puasa, alihkan perhatian dan sakit hati ke anak, mungkin
ini pelajaran buat lebih bersyukur lain kali.

Jujur,..aku kasian banget sama cewek ini, selain terampas kebebasannya,
kadang juga sering jadi sasaran tendangan dan pukulan suaminya. Pernah
sekali dilaporin ke mertuanya, mertunya malah bilang: Mana mungkin, anak
saya kan paling alim diantara kakak2nya, paling juga kamu yg buat dia jadi
begitu.

Aku udah pernah nyeret dia LSM perempuan,..tapi berakhir dengan jalan
kekeluargaan tanpa cerai. Janjinya enggak ngulangin kekerasan fisik itu
lagi. Emang badannya udah enggak biru2 tapi katanya sih masih suka didorong,
dimaki-maki di depan orang banyak sambil kepalanya didorong-dorong.

Gimana ya,...ada ide buat mecahin masalahnya? Aku sih nyaranin pisah, dengan
resiko anak dibagi 2 (suaminya udah ngajak cerai dg persyaratan
begitu)..Duuh,..kejam banget ya!