From: intan dima [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, December 21, 2006 8:45 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] ngompol

sebetulnya umur 1 tahun itu masih ngompolan...
bukan anaknya yg jadi gak ngompol, tapi karena ritme orangtua yg bisa
menyesuaikan ke anak....

wajar lah anak masih ngompolan, batasnya adalah 6 tahun....

sabar ya mbak.... ajarin aja pelan2...
anak saya sejak umur 1,5 tahun gak pake pampers, tapi tetep ngompolan,

minggu2 pertama sangat berat mbak.... kita harus observe ni anak biasa
ngompol jam berapa, lalu gimana polanya? apakah habis minum banyak>
ataukah
jaminan minum dikit terus gak ngompol? banyak yg arus di observe...

minggu2 pertama harus rela kasur basah.... kebetulan kasur anakku busa..

kalo kena ompol, besoknya lgsg dijemur....

alternatif kedua pake perlak (dah di share mamak2 yg lain yaa).. tapi
teteppp walaupun kasur gak basah, kalau anak abis ngompol harus dikasi
tau
pelan2... "tuhhh kann ngompolll gak enak kan pakaian basah.. makanya
jangan
gompol lagi ya...."

lalu setiap sebelum tidur malam bilangin "nakkk nanti kalau mau pipis
bangunin mama yaaa"

lama2 dia mau kok mbak bangun (biasanya sih kebangun after ngompol)
"mamaaaaa pipisssssssssss" tapi kasur dah basah hehehehe

jadi, jangan buru2 mbak, latihan gak ngompol jangan dipaksakan, anak
harus
merasa nyaman dengan proses latihannya ya....

gut luck!