Artikel inikah yang Bapak cari ?

From: "steph Ivan Goe" [EMAIL PROTECTED]>

Dear Teman2,

Telah tiba saatnya kita sekarang belajar ilmu hitung baru di Indonesia
bahkan di DUNIA dengan Metode Horisontal yang mampu membuat kita lebih
cerdas dan cepat dalam menghitung.

Hasil survey kompetensi dunia industri menunjukkan daftar ketrampilan yang
dianggap penting oleh dunia usaha untuk dimiliki agar seorang lulusan S-1
dapat mengembangkan karirnya.

Dalam survey ini, Kompetensi dibagi menjadi menjadi 4 ranah yaitu:
knowledge, skill, ability dan work activity.
Yang menarik dalam survey ini ternyata dalam ranah 'ability': Kemampuan
Bekerja dengan Angka menjadi bagian yang penting dari kompetensi yang
diinginkan.
Kemampuan Bekerja dengan Angka didefinisikan sebagai kemampuan
menambahkan, mengurangi, mengali dan membagi dengan cepat dan tepat.

 APA ITU METODE HORISONTAL?

Metode dasar perhitungan aritmatika oleh saya dapat dibagi menjadi dua
bagian pokok. Pertama adalah metode dasar perhitungan yang telah banyak
diketahui oleh kita semua dan saya menyebutnya sebagai metode vertikal.
Pemberian nama ini karena pola proses perhitungan  aritmatika dasar seperti
penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang telah diajarkan sejak
bangku sekolah dasar adalah berawal dari atas menuju ke bawah dan diakhiri
hasil akhirnya paling bawah, kecuali proses perhitungan pembagian hasil
akhirnya berada paling atas sendiri. Akan tetapi secara umum dapat dilihat
pola proses perhitungannya dari atas ke bawah.

Metode dasar perhitungan aritmatika yang kedua adalah metode horisontal.
Metode horisontal ini mempunyai pola yang unik dalam proses perhitungan
aritmatika dasar seperti penjumlahan, pengurangan dan perkalian. Metode
horisontal ini mempunyai keunggulan yang dapat dihandalkan dibandingkan
dengan metode vertikal untuk proses perhitungan aritmatika perkalian.
Demikian juga sebaliknya metode vertikal terlihat lebih berdaya guna
dibandingkan metode horisontal pada proses perhitungan aritmatika pembagian.
Oleh karena itu dengan munculnya metode horisontal bukanlah menjadi pesaing
bagi keberadaan metode vertikal karena masing-masing mempunyai kelebihan dan
kekurangannya. Menilik alasan di atas maka akan menjadi lebih berdaya guna
apabila kedua metode tersebut saling bersinergi, yaitu sejak awal pengajaran
operasi dasar aritmatika harus sudah diajarkan kedua metode tersebut kepada
siswa-siswi ditingkat dasar.

 Agar kita mempunyai sedikit gambaran tentang metode horisontal, maka di
bawah ini akan diberikan beberapa contoh perkalian kuadrat yang akan
diselesaikan dengan menggunakan metode vertikal maupun horisontal.

1. Metode Vertikal
Contoh soal perkalian kwadrat yang akan dipecahkan adalah bilangan puluhan
di mana salah satunya mempunyai angka lima baik itu satuan ataupun puluhan.
 a.____85^2______=____________8____5
  ____________________________8____5
  _____________________--------------x
  ______________________________2____5
  _________________________4____0
  _________________________4____0
  ____________________6____4
  __________________------------------ +
  ____________________7____2____2____5

  b._____57^2______=____________5____7
  ______________________________5____7
  ______________________------------------ x
  ______________________________4____9
  _________________________3____5
  _________________________3____5
  ____________________2____5
  __________________----------------------- +
  ____________________3____2____4____9

2. Metode Horisontal
Contoh soal perkalian kwadrat yang akan dipecahkan adalah bilangan puluhan
di mana salah satunya mempunyai angka lima baik itu satuan ataupun puluhan
dengan menggunakan portal matematik khusus.

a. Portal kwadrat model perkalian (a5)^2, yaitu

(a5)^2 = a.(a+1)I 25

  soal: 85^2 = 8.(8+1)I 25 = 8.9 I 25 = 7225

b. Portal kwadrat model perkalian (5a)^2, yaitu

  (5a)^2 = 25 + a I a^2

  soal: 57^2 = 25 + 7 I 49 = 32 I 49 = 3249

Dari contoh 1 dan 2 dapat dilihat bahwa pemecahan soal dengan model
perkalian kwadrat seperti di atas akan lebih cepat dan mudah apabila
menggunakan metode horisontal dari pada metode vertikal. Hal ini disebabkan
metode horisontal dapat membentuk model portal matematik  yang membuat
proses operasi aritmatik menjadi lebih efisien.