Mbak Wanda,

kriteria belum jelas ngomongnya Daffa kayak apa? apa masih bhs planet
kayak Pasha yang gak ada artinya atau dah bisa ngucapin kata2
sederhana dan tahu artinya kayak mama, papa, pipis dsb.
Paling cuma late talker aja mbak, Pasha januari ini insyaAllah juga 3
thn tapi msh omong planet dan belum bisa bahasain  benda/orang sama
sekali. Kalau minta minum, dia langsung tarik tangan orang yang ada di
dekatnya, kl mau ambil barang atau minta makan juga gitu.
Sampai sekarang masih pake pampers, cuma kl pagi- sore dah bisa
ditoilet training, cuma ya kudu waspada kl sejam sekali mesti ditatur
ke toilet, dan pasang2 mata kl mukanya dah 'ngeden', hihihi... soalnya
belum bisa bilang :-p

kalo anak autis malah belum tentu late talker juga, ada yang dah
lancar ngomongnya tapi terus regresi, mengalami kemunduran. Ada juga
yang lancar ngomongnya tapi tanpa ekspresi, trus bisa ngomong tapi
cuma meniru aja dan gak paham konteksnya. Masih byk lagi mbak
ciri2nya, nanti aku coba cari dulu ya di arsipku :)

rgds,
Hera