"AllahuAkbar..."

      Sekitar : The Marriott Bomed

      Dear All,
      Selamat ketemu lagi di udara friends ! ! ! ! ! ! !
      Maaf selama ini dari mulai kejadian The Marriott Bom s/d hari kemaren tgl
24/08/03, saya absen, sepertinya saya ini mungkin juga bisa dibilang syok, dan trauma,
jadi untuk sementara tidak kekantor dan banyak waktu sempat untuk merenungkan apakah
benar yang terjadi terhadap diri saya ini saat sekitar kejadian Bom di JW-Marriott itu
Aku akan membagi ceritera tentang , : Yang terjadi terhadap saya, yang mungkin orang
awan tidak akan percaya atau malah mungkin sebaliknya.

      Tanggal 5 Agust 03, jam 12:30 saya lagi bicara ditilp. sama Siti Hawa sahabat
saya dari PT.Unilever, tiba2 ada yang meledak keras sekali sehingga gedung bergetar
dan eternit miring2 dan serbuk2 berjatohan kekepala;
      Siti Hawa dari sebrang sana nannya : bunyi apa tuh Nin?
       aku jawab : petir Waaa gede amat yaa, udah dulu yaa Wa, soalnya serbuk2 eternit
pada berjatuhan kekepalaku, entar gue telp lagi yaa".
      Hawa dari sebrang sana tanya lagi : kok disini enggak ada petir Nin, (maksudnya
kali kalau petir kedengaran kok cuma di atas Nina saja tidak di atas kantor Unilever).

      Saat itu boss saya Pak Koentoro lagi makan, niatnya setelah beliau selesai makan
aku dan Qomar (Asia-Pacific technical sales manager) mau keluar untuk makan siang,
belum selesai makan boss-ku keluar dari kamarnya tanya bunyi apa, ... aku masih jawab
: "bunyi petir pak, tapi tidak ada ujan, barusan juga Siti Hawa dari Unilever didalam
telepon kaget masa enggak ada ujan kok ada petir".

       Kemudian boss-ku lihat keluar melalui jendelaku, "Eh kok kaca jendela Marriott
hotel pada pecah - ah ini mah lain, bukan petir" Belum saya jawab tiba2 ada tilp dari
Ade Dewi (putrinya boss-ku) menanyakan : "Tante dan Papa enggak apa2 kan, selamat kan
yaa tante", saya kaget malah jadi balik nya, "Ade kok perasaan tante baru saja meledak
kok ade>
       udah nanya- nanya tahu dari mana". >

      Selagi boss-ku bicara ditlp sama putrinya tiba2 Winarso (kawanku waktu di
Unilever juga) telp, waktunya hampir sama persis, tapi aku masih jawab bahwa itu
petir; tapi ketika pintu ke koridor lift dibuka, ternyata bau mesiu, boss-ku bilang
"ini bom, ada bom dibawah meledak", aku bukannya cepat2 beres2 turun, malah cepet2
tilpun Siti Hawa lagi, mau memberi tahukan bahwa yang bunyi tadi itu bukan petir tapi
booom. aneh yaa apa
      urusannya kok malah aku pengen memperbaiki ucapanku terhadap Siti Hawa,
.......... dipihak Siti Hawa katanya riuh sekali membicarakan gedungku dibom malah
Siti Hawa saking syoknya kekamar ke WC beberapa belas kali, setelah bicara sama Siti
Hawa, Winarso telepon lagi dia bilang terngiang saja dikupingku : "Ninaaa, kamu belon
sadar deh, ada bom Nin meledak di lantai dasar gedung kamu (Plaza Mutiara) depan Hotel
Marriot, sekarang Nina cepat2 turun jangan memikirkan apa2, turun Nin, cepat turun
Niin, cepat melalui tangga, tenang yaa" ..... mungkin Winarso ngomong gitu supaya aku
tidak rusuh2 nggak keruan yang akhirnya malah nanti celaka ditangga.

      Lantas boss-ku bilang " yu turun yu melalui tangga ", sebab lift sudah dimatikan
semua, anehnya aku beres2 seperti tidak ada yang terjadi serius, ngunci laci, ngunci
brankas, Pak Qomar masih bicara, " lap top dibawa yaa dan komputer matiin saja ya Pak,
biar nanti tidak usah naik lagi" kemudian kami ber-empat : Bossku, aku, Pak Qomar &
Taufan (off-boy) keluar menuju tangga yang masih terang, tapi tiba2 ada orang didalam
lift barang berteriak2, minta tolong untuk dibukakan pintu lift, (rupanya mereka
terkurung didalamnya ketika ditanya ada 5orang) - kami ber-4 bukanya langsung lari
ketangga tetapi boss-ku malah mengajak mencoba membantu membukakan pintu lift itu,
tapi tidak berhasil sebab sudah dimatikan dari sentral. (aku sempat bilang "aku turun
dulu, nanti akan nyuruh tehnisi kesini", mereka malah bilang "nanti kami keburu
       mati sebab ibu harus turun tangga 17 tingkat") ? ? ? ? (dipikir-pikir bener
juga)

      Begitu mau turun tangga, aku sempat jongkok buka tas tanya ke si Taufan, : "Fan
hp-ku ketinggalan enggak", dijawab Taufan "udah kok bu, udah dimasukan kedalam tas ibu
semua dengan kunci brankas segala" ...................Eeeh tiba2 salah 1(satu) dari 4
(empat) lift untuk karyawan membuka, didalamnya ada 2(dua) satpam dan 2(dua) orang
lain lagi, salah satu satpam memanggil aku "SILAHKAN BU HAJJAAH", kemudian aku ngajak
boss-ku dengan suara keras (karena) bossku itu masih memikirkan yang terkurung didalam
lift barang - "BAPAK CEPAT DONG, AKU ENGGAK MAU NAIK SENDIRI AKU NANTI MATI, CEPAT
DONG BAPAK2", sekali lagi pak satpam menyilahkan, "BU HAJJAH SILAHKAN BU HAJJAH",
lantas kami ber-delapan orang --> turun, salah satu dari 4 mereka neken tombol lifs
sambil mengatakan "ditekan terus aah biar tidak berhenti di tiap lantai" didalam lift
aku memberitahu satpam bahwa ada orang terkunci di lift barang, tapi mereka nggak
komentar apa2, hening saja tidak ada suara apa2, idak ada yang ngomong sama sekali.

       Sampai di lantai 1, keadaan sunyi senyap, terlihat 3(tiga) mobil terbakar masih
mengobarkan api, tapi tidak ada orang sama sekali cuma darah bercecer dan tumpukan
beling2 pecahan kaca dinding yang semuanya jadi bolong, kita tuntunan, "hati" kata
boss-ku dan pak Qomar, sepi sekali tidak ada orang satupun dilobby, begitu keluar
halaman kantor +/- 4 meteran, kaget terlihat beratus manusia berkumpul, malah mau
terlangkahi oleh aku dan pak Qomar dan juga sempat kami lihat mayat seorang satpam
yang sudah gosong terbakar dan kakinya terpisah. --------- nanti ada kisah tentang dia
yang mungkin kalian tidak percaya.>

       Kami ber-empat terus menembus kerumunan orang, disitu saya nangis keras ketika
teringat 5(lima) orang yang berada terkunci didalam lift barang, nangis terus kasian,
soalnya mereka menjerit-jerit , coba bayangkan (they are dying) mereka kepengen hidup
selamat, (makanya katanya ada orang melihat aku di TPI sedang nangis (sekalinya jadi
celebritis cuma lagi menangis hi hi hi).>

      Yang lucunya lagi bossku Pak Koentoro masih saja, mau ke parkiran mau ngambil
mobil; saya ngelarang takutnya ada terjadi apa2 maka aku bilang, "Bapak biarin saja
mobilnya jangan diambil nanti takut ada bom susulan, biar mobil kantor ini mau diapain
emang keadaannya sudah begini" ..............Rupanya boss-ku mau ambil mobil itu
karena mobil itu kepunyaan kantor, sampai2 dalam kerumunan yang ramai itu masih sempat
menanyakan "asuransinya mobil2 itu all risk enggak Nin", malah kalau mobilnya sendiri
kayanya dibiarin saja, bossku tuh orang yang paling aneh
      dan yang paling baik , tanya saja sama yang mengenal Bapak Koentoro
Wreksoatmodjo ! [EMAIL PROTECTED]
       Terusin jangan, ---------- sebab ada yang menarik yang awam belon tentu percaya.

       Dear Friends,

       Terusannya, ---------- Kekuasaan Tuhan tidak bisa dijangkau oleh manusia,
      Bila Allah ingin memperlihatkan kekuasaan
       NYA, kun fayakun.

       Tuhan menyelamatkan kami,---------- kami ditulikan untuk sementara,
      dalam beberapa menit, sebab kami mendengar bom
       setelah orang2 lain berada dibawah.

*************************************************************************************

      Dalam kerumunan kami selalu ber-4, sampai ada yang menjemput masing2, ketika aku
tinggal sendirian , menunggu suamiku menjemput, aku dapat telepon dari sahabat dekatku
yang kebetulan aku juga lagi nyari2 that my close friend Irma Sudarsono (she is the
excutive secretary to Mr. Oesman Sapta), kemudian aku mendatanginya, ternyata kantor
dia yang di Gedung Wisma Rajawali, cuma kena imbasnya saja mungkin, disini ada suatu
keanehan yang baru disadari dirumah setelah menonton TV.

       Begitu mau ikut pulang sama Irma, dia bilang "aku enggak bisa pulang dulu lha
wong kunci rumah dan segala kunci2 ada dalam tas yang masih tertinggal di kantorku di
atas Rajawali lantai-8" ,

       Aku tanya sama dia : "kok tas serta kunci2 pake ditinggalin, bukannya dibawa
sekalian biar enggak balik lagi"

      dia menjawab : "gile, musti bawa2 segala, kan turun tangga repot dan sangat
ke-buru2 lagi"

       orang sekitar situ nanya : "emang ibu bawa tas - turun ?"

       aku jawab : "tas ketek aku bawa, tas perlengkapan yang gede aku bawa, malah tas
peralatan sholat juga dibawa, takutnya enggak bisa sholat diatas kan bisa sholat di
musholah dibawah.

       orang itu nanya lagi : "emang enggak repot ibu turun tangga 17lantai, segala2
dibawa ??
       aku jawab : "aku enggak pake tangga kok, aku pake lift",
       orang itu nanya lagi : "jangan gila bu, lift itu 5 menit setelah bom meledak
otomatis dimatikan, apalagi katanya tadi ibu bilang turun belakangan dan begitu turun
ibu melihat kerumunan orang, berarti ibu turun setelah 15-20 menit. kejadian.
       aku jawab lagi : "kalau aku turun sendiri kamu boleh tidak percaya (aku ngotot
abisnya seperti dianggap ngebohong dan gile itu tuuh), kamu musti tahu ya ! aku turun
tidak sendirian aku turun 4(empat) orang, bersama 2(dua) bossku dan 1(satu) office
boy. pikir aku dilayanin juga bicara, tetap mereka tidak percaya, kemudian aku
meninggalkan mereka yang masih ngomongin aku yang disangka ngebohong dan disangka
sinting saking kaget dan stress, lantas aku pergi ketempat dimana suamiku sedang
menungguku dengan tidak tenang, (aku ngeri juga memikirkan suamiku yang baru 8 bulan
dibalon jantungnya takutnya dia kaget).>

      Begitu ketemu, aku cium tangan suamiku sambil nangis, mungkin itu nangis syukur
aku nggak ngerti pokoknya aku pengen nangis yang bener2 nangis, suamiku ngomong :
"selamat ya mom, kamu masih dilindungi Allah padahal itu bom kata orang2 sepertinya
sebesar bom yang di Bali" kemudian katanya lagi "maaf" katanya lagi, saya keluar makan
dan hp-ku ditinggal dimeja, begitu aku selesai sholat, beberapa orang ngerumunin aku,
dan mengatakan 23 callings telepon y> ang masuk untukku memberitahukan bahwa ada bom
meledak dikantor nya si mami - di mega kuningan"

       Aku dongengin juga kejadiannya kepada suamiku sampai aku selamat, suamiku malah
bilang, "kok lift-nya masih jalan", dia tahu betul, sebab dia seorang perlengkapan dan
pemeliharaan gedung BPPT Jl. Thamrin. aku jawab " yaa udah kalau enggak percaya, la
wong aku yang mengalaminya tidak sendirian, aku berempat bersama boss2-ku & Taufan
(off.boy)" pokoknya aku selamat, seneng enggak , ngotot aku seperti biasanya !?"

televisi, bahwa satpam yang bernama Syamsuddin seketika meninggal sesaat bom meledak,
aku pikir mereka (televisi) salah sebab pak Syamsuddin itu yang mempersilahkan aku
(Silahkan bu Hajjah) masuk lift untuk turun.

       Kemudian saat itu juga aku terima telepon dari bossku pak Qomar yang sudah
sampai dirumahnya di Serang Banten, dia mengatakan : "Bu 4(orang) lainnya yang ada
lift bersama kita , kemana yaa bu, kok yang keluar cuma kita saja, dan liftnya juga
sudah dimatikan"

       Jadiiiiiiiii kalo begitu berarti mayat seorang satpam yang sempat terlihat dan
hampir terlangkahi itu Bapak Syamsuddin, saya hampir tidak mengerti dan menganggap
tidak masuk akal kalau saja aku tidak baca Al Fatihah, setelah membaca Surat Al
Fatihah (yang kami yakini dalam Agama kami Islam) dan mengirimkan do'a untuk yang
wafat, baru kami sadar bahwa : Kekuasaan Tuhan tidak bisa dijangkau oleh manusia, Bila
Allah ingin memperlihatkan kekuasaan NYA, kun fayakun, Subhanallaah Tuhan terima kasih
Engkau telah menyelamatkan kami dari bencana.

       BARU AKU SADAR KENAPA SUAMIKU DAN ORANG-ORANG TIDAK PERCAYA TERHADAP APA
       YANG TELAH AKU CERITAKAN TADI SIANG ( PERIHAL TURUN PAKE LIFT ).

       Catatan :
       Kenapa kami hapal betul Pak Syamuddin, karena ..............
       Pagi hari itu aku tiba di kantor jam 09:30 (agak siang karena ada keperluan
keluarga dulu), dilobby kantor aku sempat menyapa seperti biasa aku lakukan setiap
hari bila ketemu satpam di lobby Plaza Mutiara coba saja tanya mereka kalau enggak
percaya !!! < malah sahabat saya Irma mengatakan aku SKSASD (sok kenal sok akrab sok
dekat) apalagi terhadap satpam dan orang bawah --- supaya cepat jadi presiden kali ???

       "Aku nyapa pagi itu Assallammu'alaikum, selamat pagi Pak Syamsuddin apak kabar
", dia nyahut "eh baik bu hajjah, terima kasih ibu hapal sekali nama saya" --- dalam
hati saya mengatakan goblok ni orang (kebiasaan jelekku) - bukan hapal kan aku baca
nama yang tertera di atas saku bajunya, saya nyambung menyuruh toples bekas kue yang
malam sebelumnya aku kasih ke satpam suruh diantarkan kekantor aku di lantai-17,
lantas dia menjawab : "Siap Bu" dengan gayanya yang khas seorang satpam.

       Kamis 7 Agustus 2003,
       kami, aku dan anakku datang ke kediaman Pak Syamsuddin mengucapkan turut bela
sungkawa dan berduka cita --- seperti saran2 dari Ibu Siti Hawa dan kawan2 ,kolega2
yang mengetahui kejadiannya dan mencatat alamatnya dari TV.

       Yaa Allah saya memohon kepadaMu semoga arwah Pak Syamsuddin dan semua korban2,
diterima disisiMU, dan mendapatkan imbalan sesuai dengan amal ibadahnya - amien.

       Yaa Allah terima kasih kami bersyukur engkau telah menyelamatkan jiwa kami.

       Semoga kawan2 semua ikut mendo'akan almarhum.
       Terima kasih -

      .