dear bunda and all...

semalam aku ke dsa u/ imun dpt 4 simultan dengan Hib4
dan polio 5. waktu liat2 jadwal imun rekomen IDI 2006
ternyata ada 2 imunisasi yang baru masuk kategori
dianjurkan yaitu influenza dan prevenar (sebelumnya
aku punya yang rekomen IDI th 2004 yang 2 itu ga ada)
yang aku ingin tanyakan apakah perlu imunisasi
influenza untuk balita ato tidak mengingat penjelasan
dsa semalam bilang kalo imunisasi influenza itu
didatangkan dari amerika dan jenis imunisasinya bisa
berbeda-beda tiap tahunnya tergantung influenza jenis
apa yang diperkirakan akan mewabah di amerika (krn di
sana sdh ada lembaga penelitian u/ kasus itu, dan
dsa-nya bilang influenza itu banyak sekali jenis
virusnya), mengingat disini belum ada lembaga spt itu
jadi kita kan ga tahu persis jenis influenza apa yang
akan mewabah di indonesia..

terus kalo memang dianggap perlu kira2 yang imunisasi
influenza jenis apa yang direkomendasikan u/ pertama
kali, terus biaya-nya kira2 berapa mengingat imunisasi
itu masih diimpor dari amerika...

thx in advance u/ pencerahannya..

-resya-