From: "Kumila Addina" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Sunday, August 31, 2003 11:01 PM
Subject: RE: [balita-anda] berat badan ibu

Mbak Jane ..
Aku mau sharing yah...waktu aku hamil kenaikanku Cuma 16kg...itupun pada
kandunganku memasuki usia 7bln, aku sudah mengurangi konsumsi nasi
(karbohidrat) hanya memperbanyak sayur dan protein..
Karena menurut dokter..normalnya kalau sudah memasuki usia 7bln, kenaikan
ibu
Cuma boleh 500grm perminggu- dan memasuki 8 bulan hanya boleh naik 500grm
per
2 minggu...anakku ternyata lahirnya cukup besar 3,8kg..tapi alhamdulillah
normal (karena kat dokternya waktu melahirkan saya tangguh..plus nggak
teriak2 kesakitan spt ibu2 yg lain..hehehe --- itu kata dokter loh mbak
jane..)
Menurut buku yg aku baca juga kalau hamil jangan dilihat kenaikan berat si
ibu berarti asupan gizi anak tercukupi..itu belum tentu..karena kadang si
ibu
Cuma makan yg mengenyangkan, tapi gizi kurang..saranku mulai sekarang mbak
jane kalau makan harus diatur kandungan gizinya (baik protein,karbohidrat)
untuk si bayi...jangan asal makan yg kenyang saja.
Kalau mengenai merokok, terus terang aku nggak tahu..tapi coba baca di ayah
bunda edisi lalu, tentang rokok dapat merusak bayi...(yg sampul covernya si
lusy mantan AB three itu loh) .
Untuk turun berat badan si ibu..biasanya juga tergantung tipe si ibunya..spt
saya yg memang cenderung tidak terlalu gemuk, makanya setelah melahirkan
Cuma
kelebihan 2-3kg saja..tapi kalau nanti dibarengi dengan olahraga dan foot
combining pasti bisa turun lagi ..(begitu yg saya baca)yg penting asupan
gizi
selama menyusui tercukupi untuk anak kita..jangan takut gemuk trus males
makan , nanti malah asi nya nggak keluar khan?

Minum jamu 40 hari..kebetulan saya hanya sekali minum jamu setelah
melahirkan
(karena anak saya mencret2..jadi tidak diperbolehkan dokter)..mungkin ada
para moms yg punya pengalaman?

Semoga membantu...

Mamanya falhan