From: "Habib & Ivy Baehaki" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, January 17, 2007 7:22 PM
Subject: [balita-anda] Fw: tanya tentang TORCH (plizz... need info)

> Moms and dads yang baik...
> Ini forward-an dari Milis sebelah...
> Saya minta tolong dooong... kalo ada yang bisa kasih masukan buat mbak
yang ngimel di bawah ini... (plus buat tambahan pengetahuan saya juga...)
> Mumpung BA-ers kan pada banyak info-nya....
>

> Makasih ya sebelumnya...
>
> salam manisss,
>
> Ivy mama Shafa n Qika

diketahui menderita microcephal (mestinya ini bisa diketahui sejak awal
kalau DSA nya lebih teliti). Dari hasil CT scan, BERA test dan EEG, dan
observasi selama 2 bulan, kesimpulannya Developmental delayed-cerebral
palsy(menurut DSA). kalau menurut dr spe Syaraf, istilahnya avasia motorik.
Hasil tes darahnya, diketahui positive HSV I IgG dan HSV II IgG dan
Equivocal untuk Rubella. Menurut DSA yg kemudian menangani, anakku terkena
virus ini pada sekitar trimester pertama kehamilan. Sehingga saya dianjurkan
untuk melakukan tes TORCH juga. Namun, saran itu baru saya laksanakan
sekarang, setelah 2 tahun berselang. Dan saya baru saja mendapatkan hasil
tes darah TORCH, hasilnya :

> Toxoplasma IgG : positif - 120 (nilai rujukan <=4); Toxoplasma IgM :
negatif - 0.28 (nilai rujukan < 0.55);Rubella IgG : positif - 154 (nilai
rujukan <=10);Rubella IgM : negatif - 0.28 (nilai rujukan < 0.8);CMV IgG :
positif - 41 (nilai rujukan <=4); CMV IgM : negatif - 0.11 (nilai rujukan <
0.7);HSV I IgG : positif - 2.310 (nilai rujukan < 0.9);HSV I IgM : negatif -
0.461 (nilai rujukan < 0.9);HSV II IgG : negatif - 0.409 (nilai rujukan <
0.9);HSV I IgM : negatif - 0.524 (nilai rujukan < 0.9);

> kesimpulan internist yang saya hubungi, diagnosanya "herpes simplex
kronis" (ejaannya benar atau nggak ya). Berhubung kemarin antrean di DSPD
nya sangat panjang, saya jadi tidak punya cukup banyak waktu utk menanyakan
berbagai hal. beliau hanya sempat untuk menyampaikan "karena sudah kronis
alias menahun, agak sulit untuk disembuhkan, sehingga disarankan untuk stop
hamil,(Huk..huk...ini yang paling menyedihkan bagi saya.....), selain itu
meningkatkan kualitas gizi makanan (makan harus 4 sehat 5 sempurna) dan
banyak olehraga. Saya juga diberi resep Imesco untuk diminum 1 x sehari
selama 1 bulan. Setelah 1 bulan minum obat tsb, diminta utk tes darah lagi,
utk melihat reaksinya. " Gitu aja. Setelah aku kontak apotik (cukup sulit
nemu apotik yang punya obat ini), ternyata ini sejenis suplemen makanan.
> Yang masih mengganjal di saya, apakah betul, kondisi seperti saya sudah
sulit diobati? sesulit apa sih ? bahasa sulit itu kan sangat relatif
ya.....(jujur saja saya sangat ingin sembuh karena suami masih ingin saya
hamil lagi).mungkin diantara ay-bun atau dr afie bisa menjawab pertanyaan
saya ini. Kemudian apakah cukup hanya diberikan suplemen, ataukah mestinya
ada anti virus atau sejenisnya yang mesti diminum juga. pertanyaan
berikutnya, umumnya gejala dari penyakit ini apa sih ? jujur aja, selama ini
saya tidak pernah punya keluhan apapun. Kalaupun pernah ada, sebatas batuk,
pilek, atau paling berat infeksi saluran kencing, yang semuanya tidak
terlalu berat.