From:
[EMAIL PROTECTED]
a.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED]
lita-anda.com] On Behalf Of Hesty Wuryani
Sent: Wednesday, January 17, 2007 4:28 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] Balasan: [balita-anda] tanya persiapan setelah
melahirkan

Salam kenal buat Ibu Miko...

  Saya anggota baru, baru melahirkan sekitar 4 setengah bulan
lalu.Bukannya sok pinter, cuma pengen berbagi pengalaman nih....
  Sebenarnya hal yg paling penting untuk persiapan setelah melahirkan
adalah persiapan mental, karena rata-rata orang yg setelah melahirkan
pasti terkena yg namanya Baby Blue.

  Ngomong-ngomong sdh umur berapa kehamilannya? dulu sewaktu saya ikut
seminar ASI, katanya kalau sdh diatas 7 bln tidak boleh mengurut
payudara karena bisa menyebabkan kontraksi. Tapi...sebagian orang bilang
sebaiknya payudara diurut sewaktu hamil tua untuk melancarkan ASI
dikemudian hari.

  Maaf...maksud saya disini hal yg paling penting yg perlu dipersiapkan
setelah melahirkan banyak sekali, mungkin kita bahkan sampai lupa sama
keadaan fisik kita, syukur-syukur.. kl ASInya lancar. Mudah-mudahan bisa
melahirkan secara normal, karena banyak kejadian yg melahirkan secara
Caesar susah atau agak lama bisa kasih ASI ke babynya, seperti kejadian
waktu diruang perawat banyak yg minta supaya Babynya di kasih susu
formula,mungkin belum pada keluar kali ASInya.

  Kalau menurut saya nih, hal-hal yg perlu diperhatikan:
  1.Sekarangkan sedang digalakkan ASI eksklusif, jadi....kl niatnya
pengen memberi ASI eksklusif (kali semua Ibu pengen memberi ASI
Eksklusif kebabynya) sebelum melahirkan bilang ke Dokter atau Susternya
untuk minta ASI eksklusif, kl bisa hitam diatas putih, tapi rata-rata RS
sekarang sdh hitam diatas putih, jd kl mau dikasih susu formula minta
ttd dari Ibu atau ayahnya dulu.

  2. Saya kebetulan tipe yg ASInya tidak begitu banyak, padahal saya
selama hamil sdh banyak makan sayur katu, kacang kedelai en kacang
hijau, pokoke segala macam sayuran, serta rajin minum susu hamil.Dari
hasil seminar yang saya ikuti (kata Dokter nih..)  tidak ada jenis
makanan yg dapat melancarkan ASI yang penting:
  Pertama --> Niat Ibu untuk menyusui bayi dan Pede Aja Lagi. Saya
pernah minta suntik ASI kedokter kandungan (karena masalah ASI lapornya
lebih ke dokter kandungan) tidak diijinin, kt Dokter..itu percuma....yg
penting banyak minum, atau makanan yg mengandung air seperti
buahan-buahan,minum susu,sayur-sayuran.
  Yg kedua --> Kita harus banyak istirahat jadi tidur yg cukup dan
jangan stress...karena itu sangat mempengaruhi keluarnya ASI, jangan
pernah berpikiran kita tidak bisa membuat anak kita kenyang sama ASI krn
itu mempengaruhi turunya produksi ASI.

  3.  Meskipun begitu saya tetap banyak minum air mineral 2 ltr/hr
apalagi minumnya sambil nyusui, bila perlu airnya yg hangat,banyak makan
sayur.Adapun sayur-sayuran yg banyak di konsumsi orang spy ASInya bisa
lancar :Katu (orang Malaysia bilangnya sayur pucuk manis), segala bentuk
kacang-kacangan seperti: kacang hijau, kacang kedelai,kacang merah,
sayur oyong/petule, daun pepaya. Makan ikan bilis/teri jengki,air
soya,wijen en lobak enaknya dibuat sup.

  4.Kalau untuk jamu katanya jamu kluyuk (Orang jawa bilang-maaf kl
ejaannya salah), atau jamu yang kemasan bagus juga untuk mempelancar
ASI, tapi ada juga orang lain bilang jangan minum jamu.Setahu saya Jamu
lebih kepada supaya air ASInya seger jadi tdk bikin bayi masuk angin.Ada
juga yg bilang supaya rasa ASI lebih enak dari susu formula coba makan
bawang putih.

  5. Saya setuju sama pendapat untuk perut supaya cepat rata pakai
gurita atau stagen, tapi menurut Dokter supaya lebih manjur lagi banyak
menyusui dengan begitu berat badan dan bentuk perut bisa cepat segera
seperti sebelum hamil,InsyaAllah.... Coba aja datang ke klinik
kecantikan yg menangani hal tersebut spt selulit dan perut yg besar, tp
dengan syarat aman dipakai untuk Ibu menyusui.Sebaiknya hindari
menggaruk area perut saat hamil, karena tetap membekas cuma warna jadi
putih seperti garis-garis, kl saya pakai krem dari Mothercare (untuk
selulit) kt Dokter saya aman untuk dipakai Ibu hamil, dilanjutkan
setelah hamil.Kalau bisa pemakaian krem dan sebagainya semua
dikonsultasikan ke Dokter kandungan dulu, spy tdk ada efek
samping.Ya...lumayan ampuh.

  6. Menurut penelitian terbaru bagi yg ingin relaktasi, katanya obat
Primperan bagus untuk meningkatkan kadar prolactin (hormon untuk
menghasilkan ASI) karena saya minum itu di tambah suprasi serta makan
sayur,buah dan minum susu Alhamdullilah ASI bisa keluar lagi setelah
hampir 1 setengah bulan cuti menyusui.

  7. Hal yg paling penting begitu melahirkan sesegera mungkin bayi
langsung disusui 1/2 atau 1 jam setelah melahirkan, krn itu juga bisa
mempelancar ASI sama halnya dengan pijat bayi.

  8. Untuk selulit coba product Oriflame katanya sih bagus begitu jg ada
yg untuk mengempiskan perut, katanya sih....tapi yg paling penting
olahraga spt sit up...ya...semua itu kl dijalanin dengan telaten dan
sabar semoga bisa memperoleh hasil yg memuaskan ya Bu...

  Oke deh Selamat Menjadi Bunda baru....Semoga semuanya lancar
ya....jangan terlalu banyak yg dipikirin diserahkan aja semua sama yang
diAtas.Maaf sebelumnya kalau jawabannya kurang memuaskan atau kurang
mengena,ini cuma berbagi pengalaman bukan bermaksud untuk menggurui,
mungkin Ibu lebih banyak tahu dibanding saya.Bye....

  Salam Kenal,
  Mama Darryl (Hesty-W)