To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, January 23, 2007 11:33 AM
Subject: Re: [balita-anda] oot-invest 5-8juta

dear all

mohon maaf karena banyaknya pertanyaan maka saya jawab secara
swalayan aja.

Yang pertama dari hukum investasi adalah makin tinggi return yang ditawarkan maka resiko yang harus diambil adalah makin tinggi pula dan sebaliknya makin
rendah resikonya maka hasilnya juga makin kecil.

Saat ini ada 3 peringkat investasi:
1. aman
   contoh :
   seperti tabungan dibank, deposito berjangka.
   emas batangan.
   kisaran bunganya adalah sekitar 5- 12% per tahun.
   sangat ideal bagi kebutuhan jangka pendek dibawah 1 thn.

2. Moderat
   contoh:
   reksadana, obligasi, pembelian emas batangan, saham.
   kisaran bungannya antara 10 hingga 60% pertahun,
   sangat ideal untuk kebutuhan menengah dari 1- 5 thn

3.  Spektakuler
    contoh adalah segala sesuatu yang ditawarkan dengan return diatas
    60 % pertahun, banyak kasus sudah terjadi seperti PT Kisar dll

Bagi yang hanya terbiasa dengan jenis investasi aman, maka kalaupun
mau coba sedikit beralih ke model moderat sangat disarankan untuk
tidak melebihi 10% dari tabungan yang ada itupun rekomendasi saya
adalah maksimal untuk reksadana berbasis campuran.

Tentang jenis investasi spektakuler, apapun bentuknya yang jelas penawaran-
nya sudah sangat tidak masuk akal yang menjanjikan return diatas 60% / thn
atau 5 % per bulan maka jika tidak ingin menyesal sebaiknya ditimbang dengan
akal sehat, mereka hanya menjanjikan return tinggi namun tidak menjamin.
dari perhitungan aspek apapun maka saya belum bisa melihat titik aman jenis
investasi bodong ini.

Demikian, semoga bermanfaat

Salam

Rasdi