Allo mbak Lif..

Sama banget nih kejadiannya sama Nabiel. Ini aku baru masuk kemaren setelah
3 hari cuti.
Pertama, Nabiel panas (38-38.5 der) dari hari rabu malam aku kasih
parasetamol. Kamis paginya udah mendingan dan masih ceria mau main, ya udah
aku masuk kerja. Ternyata malamnya panas lagi dan rewel, sampe akunya jg
bergadang. Jumat mulai ga masuk kerja krn nabiel rewel bgt.Aku bawa ke dsa
(dr. Ibnu di mutiara bunda) dibilangnya radang tenggorokan dan dikasih AB
(cesfan)dan obat utk radangnya. Tp kt dokternya klo lebih dr 3 hr ga sembuh2
mesti cek darah krn daerah serdang (tp harjatani sono masih masuk lg) ada
kasus DB.
Sabtu dibibir nabiel tumbuh sariawan 2, dilidah 1, dan gusi jg merah2. Duhh
kebayang khan gimana sakitnya hiks.. kita aja sariawan 1 aja periih bgt
apalagi banyak. Jdnya ga mau makan, susu ga mau, maunya nenennn aja..
Aku jg curiga jgn2 HFMD, tp di tangan dan kukunya ga ada bentol2 seperti
gejala itu (sama dokter jg diperiksa, ktnya bukan). Panas masih naik turun,
dan masih ga mau makan.
Akhirnya senin aku bawa tes di prodia. Tyt seperti Nayma, titer widalnya +,
jd kesimpulannya typhus. Walau aku ga begitu percaya krn dr artikel2
seharusnya tes gal culture utk memastikannya, tp hasilnya lama. Trus nabiel
msh mau maen, walau rewel krn sariawan, pgnnya digendong sama ibunya ga mau
sama yg lain, lemes krn ga mau makan apa2.
Dan oktober kmrn nabiel jg pernah panas naik turun, dites widal juga +. Dan
dari hasil yg sekarang titernya naik (lebih tinggi).
Akhirnya ABnya (cesfan) diterusin sampe 7 hr dan dikasih obat sariawan
(_canystin_). Ktnya sariawan itu efek dr pencernaanya yg lg bermasalah.
Alhamdulillah sariawannya dah hampir sembuh, skrng udah mau makan dan minum
susu. Tp krn kemaren aku kecapean pas nabiel sakit, fisik drop, aku kan jd
flu. Ehh.. skrang ikut2an batuk dia hiks..
Oiya mbak lif dirumah masak pake air apa? Skrg disarankan aku pake air dari
gallon, walau air serdang bagus. TRus nabiel bener2 ga boleh makan yg beli
dari luar, hrs masak sendiri biar kebersihannya terjamin.
Sori ya kepanjangan, jd curhat. Dan sebetulnya aku jg mau dp masukan nih.
Bener ga sih nabiel sakit typhus? Trus klo titernya naik apakah tambah
parah?Perlukah tes gal culture? Mohon pencerahannya ya..

Salam
-Kartika-
Ibunya Nabiel