Mbak Dewi,...
Mungkin yang Mbak maksud efek dari kandungan kafein nya kali ya? Cara
menyeduh teh yang benar, diseduh dengan air panas sekali, diamkan 45 detik
lalu airnya dibuang. Cara alami ini bisa mengurangi kafein sebanyak 80%
tanpa mengurangi kandungan baik dan rasa aromanya.

Kalo saya sih enggak begitu, soalnya butuh efek kafeinnya juga ;-) Sebelum
tidur malah minum teh hijau, enak aja tidurnya. Mbak Dewi mungkin sensi ama
kafein kali ya.

Atau beli yg decaf, tapi katanya kandungan baiknya juga berkurang bersama
dengan proses decaf-nya.

Kalo mbak ke rest Cina, minum tehnya disajikan dalam gelas kecil banget kan
Mbak, tehnya juga enggak kentel, enggak seperti teh jawa kita. Kalo budaya
Chinese, makan nasi enggak minum air setelahnya karena makannya selalu
disertai sop, abis itu minum teh anget 1 gelas kecil aja.

Emang katanya kafein mempengaruhi penyerapan kalsium dan zat besi, jadi
enggak disarankan untuk anak dalam masa pertumbuhan. Kalo untuk org dewasa
efeknya kecil sekali kok Mbak enggak akan mengakibatkan kekurangan zat besi
dan kalsium (http://www.teaandcoffee.net/0804/tea.htm Tea inhibits iron
absorption. Yes, tea flavonoids are known to partially inhibit absorption of
iron from plant foods, but not from animal sources. However, the amount of
iron leeched from the system is not enough to constitute an iron deficiency
threat even in a vegetarian, and if tea is not consumed until an hour after
eating, the inhibitory effect is greatly reduced. Adding vitamin C, such as
a slice of lemon, to tea serves to counteract the inhibitory effect to some
extent. )