Mbak,

Kalo polionya baru 3 feb 07 yang lalu seh, yang gak usah diulang lagi.
Polio 3 kan? Bilang aja nanti diulangnya pas polio 4 aja usia 18 bulan.

Jelasin aja ama bu RT-nya. Kalo di tempat saya sih gak dipaksa2 ya, kalo
emang udah divaksin, ngapain juga diulang2 apalgi baru 3 minggu yang lalu.
Kan sesama vaksin hidup mesti ada jeda kalo gak disimultan aja. Polio vaksin
hidup.

Campak emang 9 bulan ke atas, tapi di milist sebelah sih dibilang usia 8
bulan udah boleh. Kenapa 9 bulan? Karena masih ada kekebalan yang dibawa
dari dalem kandungan untuk penyakit campak, dan kekebalan ini menghilang di
usia menjelang 9 bulan makanya divaksin campak.

Nah, terserah ibu, mau milih mana, kalo saya jadi ibu ya, saya ikut PIN buat
vit A nya aja. Imunisasinya gak usah, wong baru 3 minggu yg lalu dapet
polio. BTW, campak juga vaksin hidup. Mesti ada jeda dgn polio atau sekalian
aja bareng (polio+campak). Kalo gak salah seh jedanya 6 minggu gitu deh.
Kalo ada yg lebih tahu dari saya, please koreksi ya.

Best regards,

Mama Nayma

On 2/22/07, Ade Risna Riswandini <[EMAIL PROTECTED]>