From: Rina Sofiany [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, September 08, 2003 5:04 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] massage pd payudara

Oh..ya... Soalnya waktu aku hamil dan ikutan kelas senam hamil malah
dikasih tahu bahwa sebelum melahirkan payudara mesti disiapkan dulu
supaya kelak saat menyusui tidak mengalami kesulitan (antara lain puting
lecet, atau ASI tidak keluar saat melahirkan). Pengalamanku sih selama
hamil aku sudah malakukan massage payudara dan sesekali memang keluar
kolustrum. Begitu Nadya lahir dia sudah dapat merasakan kolustrum dan
alhamdulillah aku tidak pernah merasakan putingku lecet.
Dari pengalamanku sih massage payudara sebelum melahirkan tidak
"separah" itu hingga bisa merusak kelenjar susu (cmiiw), yg dilakukan
hanya memijat sekitar payudaar kemudian untuk yg putingnya bermasalah
"narik" nya juga dengan mangurut sekitar puting kok mbak. Aku punya
gambarnya kalau mbak berminat (karena di aku massage payudara justru
bermanfaat banget)

Rina Sofiany - bundanya Nadya
http://rina.rustamaji.com