from tempointerkatif.com

(tadi katanya 19 orang meninggal, tapi pas saya klik lagi beritanya udh ga ada
diganti ama berita data pesawat)

rgrd

Data Pesawat Terbakar
Rabu, 07 Maret 2007 | 10:49 WIB

Nama maskapai: Garuda Indonesia
Tipe: Boeing 737-400
Nomor Registrasi: PKGZT
Nomor Penerbangan: GA 200
Rute: Jakarta-Yogyakarta-Jakarta
Penumpang eksekutif: 13
Penumpang ekonomi: 120
Pilot: Muhammad Marwoto
Copilot: Budiman
Kru Kabin: 5
Kondisi cuaca: clear
Angin: kalem
Landing: Runway 09
Waktu kejadian: 06.57 WIB
Kondisi pesawat: terbakar
Pesawat terperosok 300 meter sebelah timur landasan

Sumber: Posko Garuda

Menggesek Landasan Lalu Terbakar
Rabu, 07 Maret 2007 | 10:20 WIB

TEMPO Interaktif, Yogyakarta:

Terbakarnya pesawat Garuda Indonesia besar kemungkinan terjadi setelah badan
pesawat menggesek landasan dan terseret hingga keluar jalur pendaratan. Agus,
karyawan Badan Pertanahan Nasional yang menjadi penumpang dalam pesawat itu
bercerita, setelah pesawat mendarat, terasa getaran keras. "Saya berteriak
Allahu Akbar.penumpang lain ikut," katanya seperti dituturkan kepada radio El
Shinta pagi ini.
Agus yang berangkat ke Yogyakarta bersama empat rekannya sekantor mengaku tak
tahu apa yang terjadi. Namun dia merasakan hempasan saat pesawat menyentuh
landasan. Pesawat terus melaju beberapa saat, kemudian terjadi benturan keras,
tak lama berkutnya pesawat berhenti. Agus yang duduk di kursi dekat pintu
darurat kemudian berinisiatif membuka pintu kecil itu. Namun begitu pintu
terbuka, api menyambar dari arah sayap. Agus mundur, lalu menunggu api
mengecil, kemudian melompat keluar diikuti penumpang lain. "Rambut saya
terbakar, namun tak ada luka," katanya.

Garuda: Ini Kategori Accident
Rabu, 07 Maret 2007 | 09:52 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Direktur Operasi Garuda Indonesia Ari Sapari mengaku
belum mengetahui informasi detail seputar kejadian, penyebab dan korban
kecelakaan pesawat Boeing 737-400 milik maskapai Garuda Indonesia yang
mengalami kecelakaan saat melakukan pendaratan di Bandara Adi Sucipto
Yogyakarta pukul 06.55.

Pesawat jurusan Jakarta-Yogyakarta dengan nomor penerbanan GA 200 itu
mengangkut 133 penumpang dan berangkat dari Jakarta pukul 06.00.

"Semuanya masih simpang-siur," kata Ari Sapari ketika dihubungi pagi tadi.

Namun, berdasarkan laporan dari petugas Garuda setempat, Ari memastikan bahwa
kecelakaan itu masuk kategori accident.

Berdasarkan aturan keselamatan penerbangan, satu kejadian masuk kategori
accident bila menimbulkan korban jiwa, luka parah, atau pesawat mengalami
kerusakan struktural.

Harun Mahbub

Kirim email ke