Kalo saya dulu membantu banget, pak. Karena pertama, puting saya luka,
kedua, puting payudara yg sebelah kanan agak mendelep alias ga menonjol
keluar. Mungkin krn itu juga jd bayi saya agak susah nenennya, walaupun
teknik yg benar itu semua aerolanya masuk tp bayi saya sulit nenen krn
puting yg masuk.
Tp untuk payudara yg kiri jg suka saya pasangin sambungan kalo lecet, karena
suakittnya itu lho bikin mringis2 sambil nangis.
Waktu itu belinya yg warnanya agak kekuningan, bahannya agak tebal.Krn klo
ga salah ada 2 macam, satunya tipis warna putih bening mungkin silicon
(CMIWW). Tp enak yg kuning.
Krn ngerepotin dan ga praktis mesti masang sambungan sebelum nenenin, jdnya
dipake sebentar aja, setelah dua2nya lihai ya ga dipake lagi, krn enakan
langsung.
Tenang pak.. lecetnya biasanya ga lama koq.. dan semua ibu pasti pernah
ngalamin. Yg penting tekniknya diperbaiki.
Klo makanan yg memperbanyak ASI katanya makan katuk atau sayur2an hijau,
kacang2an, jagung marning, dll. Tp yg plg penting ibunya hrs pede ASInya
banyak, insya Allah ASInya pasti banyak.
Klo saya dulu ga begitu2 amat sih pak, tiap2 abis nenenin ga hrs lgsg makan.
Klo laper aja makannya, walaupun biasanya abis nenenin bawaannya jd laper
(alesannnn..:))

Salam
-Kartika-