From: Chandra Dewi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, March 12, 2007 3:59 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] bagaimana anak makan ngga mau mengigit
padahal umur udh 2 thn

Mbak, bilangin sama mama keponakannya,  coba mulai biasain untuk makan yang
lain. Bisa mulai dengan nasi lembek, ato kalo susah juga, buburnya dicampur
sama nasi lembek. pertama, dua kali, tiga kali, mungkin ditolak, tapi lama2
dia pasti mau. Asal suasana makannya pada saat pertama ngenalin jangan
dipaksa, pasti dia gak akan terlalu nolak. Atau sesekali waktu makan di
restoran, coba minta dia cicipin makanan kita seperti misalnya nasi goreng.
Nggak usah dipaksain. sesuap dua suap aja, supaya dia bisa ngerasain bahwa
makan itu menyenangkan.
Pengalamanku nih, anakku (19 bulan) susah banget makannya. Males ngunyah
juga. Sampe umur 15 bulan masih makan nasi tim, soalnya kalo ada yang keras
dikit pasti dilepeh. Tapi temenku nyaranin untuk tetep kasih nasi. Pada jam
makannya, aku coba kasih nasi doang. Ternyata dia mau. Yah, mungkin cuma
lima suap. Tapi abis itu mandeg lagi. Tapi semenjak tau dia sebenernya bisa
ngunyah, aku gak mau lagi kasih dia nasi tim. Aku tetep ngasih nasi dengan
lauk, tapi dipotong kecil2 banget, dan daging dan ayamnya masih yang giling.
Sesekali dia masih mogok makan juga. Tapi paling nggak, dia belajar untuk
ngunyah. Sekarang kalo mogok makan nasi, aku akan kasih dia roti, biskuit,
pisang, mie, bihun, apa aja, tapi bukan nasi blender. Karena aku takut
anakku gak terbiasa ngunyah lagi...

Chandra-mamanya Aisha (19bln) dan Khalis (4.5 bln)