Bulan2 lalu aku juga sempet bingung cari2 PG buat Abel. Survey dari Tk deket
rumah, trus ke Al Azhar, trus ada tutor time, tumble toots. sekolah tunas
muda.
Akhirnya aku dapet info tentang Jakarta Islamic School yang di Jakarta barat
dari milis BA.

semua sekolah aku tanya dari uang pangkal dan spp nya. karena biasanya
sekolah international itu uang pangkalnya gak mahal tapi uang bulannya
mahal. dan mereka biasanya minta per term, 4 bulan gitu untuk dibayar dimuka
full. bahkan ada beberapa pula yang bayar 1 tahun, dan kalau dihitung2 bisa
25 juta loh.. per tahun. ada yang sudah include makan ada yang belum. dan
tidak termasuk antar jemput.

ketika di Al Azhar, saya dapat daftar uang pangkalnya lumayan mahal 6.3 juta
meski spp masih standar 300rb perbulan. cuman liat sekolahnya di Kembangan,
kok fasilitasnya kurang sekali (menurut saya).  karena permainannya sedikit.

Saya survey ke TK deket rumah, yang cuman jalan kaki. TKnya hanya di rumah
biasa dan di kampung (di luar komplek perumahan saya). jadi alat bermainnya
juga sedikit. dan beberapa anak tetangga sekolah disana. tapi kok sayanya
gak sreg.

Trus setelah tau dari milis BA tentang JISc di Jakarta barat yang masih
relatif baru, saya coba kontak dan liat kesana, ternyata sekolahnya cukup
tenang dan permainannya ada beberapa. dan saya liat kurikulumnya yang pake
full bahasa inggris, meski untuk awal 80% inggris. dan pelajaran agamanya
juga ada semua. setelah itu saya liat biayanya ternyata uang pangkalnya juga
masih bisa dijangkau (3jt) bulanannya sama dengan al-Azhar.

akhirnya pilihan saya jatuh ke JISc, dengan berbagai pertibangan dan survey.
dan anaknya merasa lebih hommy disana. karena gurunya sejauh ini saya liat
oke. Setelah melalui tes, akhirnya ntar Juli, Abel udah sekolah disana.
Karena memang selama ini di rumah pun Abel sudah saya ajarin bilingual
dikit2, dan menyanyi good night song juga udah hafal beberapa.

Memang sih tidak mudah menentukan hal2 seperti ini, karena banyak faktor
yang mempengaruhi. Bagi ortu yang perlu diperhatikan adalah kesiapan
financial, dan kurikulum dengan melihat dari kemampuan anak kita. jangan
terlalu memaksakan juga.