Mbak Wiwi,

Idealnya sebelum hamil test reshus, test TORCH dulu, lalu lakukan imunisasi
yang belum diterima, seperti Rubella dan Hep B. Tapi kalo enggak juga gak
papa.

Pengalaman saya selama ini gonta ganti DSOG sih enggak masalah Mbak. Kalo
kontrol KB ato papsmear bisa di RS yg enggak terlalu mahal dengan dokter ato
bidan, kalo ada keluhan dg dokter lain, tapi untuk kehamilan setelah sempat
keguguran beberapa kali dan ditangani dokter yg berbeda, akhirnya saya setia
dg dokter yg sekarang.

Masalah medical record, kalo enggak pernah mengalami sakit yg terlalu berat
sebenarnya enggak terlalu penting, karena yg paling mengerti kondisi tubuh
kita ya kita sendiri. Seperti temen Mbak itu, pasti tau kan kenapa bisa
lahiran di ceasar, alasan pecah ketuban dini, kenapa dokter menolak
menginduksi. Ceritakan aja nanti kalo kontrol dg dokter yg baru.

Pengalaman dengan ibu2 yg lain, ada yg untuk kontrol dg DSOG dekat kantor,
tapi sebelum melahirkan malah kontrol dg dokter dekat rumah. Yang penting
kalo menurut saya sih, cari DSOG yg mau konsultasi lewat hp, dan bisa
dihubungi bahkan kalo weekend.

Salam,
Melisa