Dear Smart Parents,

Minggu lalu saya dan Jasmine konsul ke dokter tumbuh kembang di RSCM,
untuk mengetahui pendapat dokter tentang masalah kesiapan sekolah (3
th +).
Ternyata dokter mendiagnosa sementara ini Jasmine cocok untuk kriteria
PDD NOS. Selama diobservasi, Jasmine gak keluar kata2 sama sekali,
sosialisasi juga lambat, malah beberapa kali diberi instruksi kurang
ada pemahaman.
Sehingga disarankan untuk mengikuti test BERA (pendengaran, CMIIW) dan
konsul ke dokter rehabilitasi medik untuk panduan terapi sensori
integrasi.

Jasmine sebenarnya sudah mulai ada kemajuan setelah umurnya yang ke-3
ini sudah mulai bisa komunikasi 2 arah, meski hanya di kondisi
tertentu saja, misal di lingkungan keluarga/ di rumah, sedang dengan
orang asing/ kurang dekat belum bisa. Pemahaman juga sebenarnya ada,
hanya masalah mau atau tidak mau pada saat itu dan cuek sekali meski
orang mengharap2kan dia mau memperlihatkan sedikit pemahaman.

Sekarang saya bingung dengan diagnosa dokter dan saran2 terapi, saat
ini atas hasil konsul dengan DSA sub sp.syaraf direkomendasikan terapi
wicara (sudah 3 bulan berjalan), setelah 2 bulan tidak keluar suara,
sekarang ini katanya sudah keluar tapi lirih banget

Apa saya abandon/ suspend saja hasil konsul dari dokter tumbuh kembang
& just go on dengan terapi yg sekarang, atau saya harus ke psikolog/
psikiater anak untuk menanyakan masalah ini ?
Mohon sharingnya ya SP, saya koq masih belum sreg untuk jalani test/
terapi berikutnya, apa sudah di jalur yang benar atau malah melenceng
saya gak tahu nih .... terima kasih sebelumnya

-vincentia-