aku mo nglengkapi te Intan secara teorinya yaaa.. ini
tulisan seorg dokter di milis sebelah (sehat)..

intinya sih stl sesar bs lairan normal tapi ya
tergantung2 masing2 kehamilan n kondisi si ibu

==================================
Mumpung sedang bicara soal sesar, ada info dari teman
yang sedang sekolah
SpOG. Bisakah lahir normal setelah sesar?

Jawabannya agak panjang, intinya filosofi bahwa "once
a cesarean always a
cesaeran" sudah tidak dipegang lagi. Bagaimanapun
persalinan pervagina tetap
lebih aman. Karena itu dalam persalinan, pertama
dicoba dengan partus
percobaan, dengan harapan bisa menjalani Vaginal Birth
After Cesarean
(VBAC). Kalau terpaksa gagal baru dengan sesar.

Lha jadinya coba-coba ceritanya? Ya bukan begitu,
tentu ada
itung-itungannya. Menilainya memang tidak mudah,
tetapi ada skor yang bisa
memberikan gambaran sederhana.

Selanjutnya dinilai dengan score Flamm and Geiger
untuk VBAC:

1. Usia di bawah 40 tahun (2 poin).
2. Ada riwayat pernah melahirkan normal/per vagina:
  a. Sebelum dan setelah sesar (4 poin)
  b. Setelah sesar pertama (2 poin)
  c. Sebelum sesar pertama (1 poin)
  d. Belum pernah melahirkan per vagina (0 poin)
3. Indikasi pada sesar sebelumnya adalah selain karena
partus tak maju (1
poin)

Parameter 1-3 ini berarti bisa dinilai sebelum masuk
persalinan.

4. Pendataran serviks (yang menilai dokternya dalam
persalinan)
  a. >75% (2 poin)
  b. 25-75% (1 poin)
  c. <25% (o poin)
5. Dilatasi serviks minimal 4 cm (1 poin).

Selanjutnya poin dijumlah, dan dilihat nilai terhadap
persentase
keberhasilan:

0-2 : 42-49%
3   : 59-60%
4   : 64-67%
5   : 77-79%
6   : 88-89%
7   : 93%
8-10: 95-99%

Bila persentase keberhasilan kurang dari 50%, pasien
sangat dianjurkan
melalui sesar lagi. Tetapi bila lebih dari 90%,
dianjurkan melalui vagina.
Nah, diantara itu, ini yang bisa kondisional.

Sedikit keterangan. Partus tak maju gampangnya: sudah
kontraksi tetapi
pembukaan tidak segera penuh. Jadi misalnya, sesar
sebelumnya karena posisi
bayi presbo atau letak lintang (masih inget kan
istilah ini?), bisa saja
sekarang posisisnya baik, dan tidak perlu sesar.

Dihubungkan dengan "jenis irisan" yang kemarin
disinggung. Kalau irisannya
mendatar (transversal, atau gampangnya horizontal),
risiko ruptur uteri
(robeknya rahim) akibat kehamilan berikutnya, lebih
rendah. Bila dengan tipe
irisan vertikal/klasik, risikonya lebih tinggi.

Kandidat yang dianggap potensial untuk bisa melahirkan
normal setelah sesar:
yaitu wanita dengan sekali seksio sesarea sebelumnya,
tipe insisi pada
seksio sesarea sebelumnya adalah transversal di segmen
bawah, pada kehamilan
cukup bulan, janin tunggal, presentasi kepala, tidak
ada kontraindikasi
untuk melahirkan secara vaginal saat ini.

Moga-moga nggak nambah bingung, paling tidak pas
diskusi dengan SpOG ada
"amunisi", nggak sekedar pasif, harak ya gitu to?

tonang

Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com