ini dr milis WRM yaaa yg dijawab dr Agnes

On 1/25/06, inayati <inayati@ > wrote:

dear ibu/bapak dokter's dan SP's lainnya,

1.  krn  tidak  ada  standar  ukuran  normal tonsil,
bagaimana ya dokter menentukan bahwa ukuran tonsil ini
besar?
2.  kemudian  bila  diangkat,  adakah kondisi tidak
menguntungkan lainnya  yang  dapat  diperoleh anak,
selain salah satu perangkap imunitas  tubuh  tidak
ada  (walau  kalo versi dokter THT sulung saya, tidak
optimal pula bekerja setelah anak usia 4 th)?
3. risiko apa saja yang mungkin muncul saat
dilakukannya operasi. saya  takut  sekali  saat
membaca  berita  bahwa  ada  anak yang meninggal
setelah dilakukannya operasi pembuangan amandel ini di
salah  satu  media  di  sini.  sayangnya  disana tidak
dijelaskan penyebab  meninggalnya  apakah  karena
sebab ttt, semisal terkena infeksi   nosokomial  dll.
bisa  diberikan  pencerahan  ndak  ya ibu/bapak dr dan
SP's?
mohon  maaf  terlalu  panjang  SP's.  semoga  ada
yang  berkenan memberikan  saran dan pertimbangan.
terimakasih banyak sebelumnya :)

> mfG
*)In