***********-***********

aku pernah dateng ke seminar mestakung (prof. yohanes surya)
salah satu bintang tamunya adalah seorang anak laki2 yg baru dapet gelar
pemecah rekor dari MURI sebagai anggota termuda yg bergabung dalam orkestra
lengkap.
anak ini main piano... trus di situ dia peragain sedikit permainan piano dia...
wih, lagu klasik yg manteb (secara ekke gak bisa maen piano dan gak ngerti
musik klasik, jadi denger permainan anak itu ya jadi kagum banget)

pas wawancara, si anak ditanya2, kurleb begini:

host: kamu belajar musik dari umur berapa?
anak: 5 tahun (sekarang dia umur 9, kalo gak salah)
host: siapa yg nyuruh kursus?
anak: mama
host: kamu seneng gak belajar piano?
anak: gak
host: loh? tapi sekarang udah dapet rekor dari MURI, seneng gak?
anak: seneng dong
host: jadi belajar piano-nya mau terus ato berenti?
anak: terus dong
host: loh? kamu hobinya apa?
anak: menggambar... tapi sama mama gak boleh kursus menggambar
host: ????? hehehehe....

inget2 aja waktu kita masih kecil dulu, pasti bete surete kalo disuruh kursus
(dulu aku marah2 tiap hari kalo disuruh kursus bahasa inggris plus berenang)...
tapi setelah dewasa gini kan baru berasa manfaatnya, "untung dulu nyokap gue
disiplin dan raja tega kalo lagi nyuruh kursus... sekarang kan gue juga yg
nikmatin hasilnya"

intinya menurut aku adalah, kursus buat anak emang penting, tapi mungkin kita
liat juga bakat dan kemampuan anak
kayak contoh anak di atas tadi, mungkin mamanya udah liat dia punya bakat di
musik, jadi biarpun si anak ngakunya gak suka musik, toh bisa dapet rekor muri
dan bergabung di orkestra segala
namanya juga anak2, daripada kursus kan mendingan main
tapi kalo kursus itu bisa bermanfaat buat masa depan anak, kan mendingan
sedikit dipaksa
kecuali kalo udah kursus tapi kemampuan anak utk bidang itu gak berkembang...
mendingan dialihkan ke kursus bidang lain yg mungkin ada bakatnya anak di situ

sekian curhat