Hi mbak Rien,

Saya juga terpikir seperti yang sudah dishared mbak Dhona.
Apa mungkin si kecil hanya sebentar menyusui, jadi yang dia dapat
hanya ASI foremilk nya saja. Ini memang umumnya lebih 'encer' karena
biasanya mengandung nutrisi bergizi juga 'penghilang haus' baby.
Semakin lama baby menghisap, komposisi ASI cenderung lebih kental (ASI
hindmilk), porsi ini nih yang kaya akan lemak.
Dulu waktu masa anak2 saya ASI eksklusif dan harus perah ASI di
kantor, bisa dilihat jelas  kalau waktu memerah ASI dibuat lebih lama
sedikiit aja,  bisa lebih banyak nampung cairan ASI yang kental di
botol.

Asumsi saya, memang komposisi ASI selama 1x breastfeeding kayak ada
'pola' nya (cmiiw).  Kadang baru dideketin ke payudara, si kecil sudah
menghisap dengan penuh semangat, kadang berhenti dulu sampai kita
dengar suara tegukannya, terus iramanya jadi lambat.  Nanti kalau
sudah 'full' perutnya, dia sendiri yang akan lepasin payudara atau
malah jadi tertidur --- puas karena kebutuhannya dan 'hak' nya sudah
tuntas terpenuhi :)
So, rasanya nggak perlu cemas dengan issue ASI 'encer' atau 'kental',
yang penting tetap diberikan sebanyak yang bayi mbak inginkan.
Ini jauh lebih baik daripada baby tidak dapat ASI sama sekali :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena