From: Teddy [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, April 16, 2007 2:57 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] (Tanya): Beda USG 3 dimensi ama 4 dimensi

USG 4 Dimensi

USG 4 Dimensi merupakan teknologi terkini ultrasound, pengambilan gambar
Tiga Dimensi Real Time.

Apa keuntungan teknologi ultrasound USG 4 Dimensi ?

- Lebih mudah dimengerti oleh pasien
- Deteksi suatu kelainanan dapat lebih dini , sehingga pengobatan erarah
dapat dilakukan
- Hasil gambar seperti rekaman film

Perlukah kita melakukan persiapan khusus untuk melakukan USG ?

USG adalah alat yang aman, tidak invansif, dan tidak membutuhkan
persiapan khusus . walaupun demikian sebaiknya konsultas ke dokter jika
ingin melakukan pemeriksaan .

Selain melihat rekaman gambar bayi , apakah kegunaan lain dari USG 4
Dimensi ?

Mementukn umur , mendeteksi kelaianan plasenta , menentukan kehamilan
ektopik, mendeteksi tumr uvarium /fibroid mendeteki elaianan thyroid,
payudarahati, kandung empedu, pancreas, limpa, ginjal, kandung kemih dan
prostat.

Siapa saja yang melakukan pemeriksaan USG 4 dimensi ?

Dokter specials atau dokter spesialis yang terkait (antara lain specials
kebidanan dan penyakit kandungan , dll)Usg 4D merupakan teknologi
terkini ultrasound, pengambilan gambar tiga dimensi real time. Gmbar
aktivitas hidup dari bayi yang belum lahir serta gambaran anatomi tubuh
janin.

Berbeda dengan USG 3D, 4D mempunyai keunggulan

- Gambar lebih mudah dimengerti oleh pasien

- Deteksi adanya kelainan dapat lebih dini ditemukan , sehingga
pengobatan yang terarah dapat dilakukan

- Hasil gambar seperti rekaman film

Selain melihat gambar bayi, apakah kegunaan lain

Menentukan umur janin, evaluasi multiple atau resiko tinggi kehamilan,
mendeteksi kelainan kogenitl, mendeteksi kelaian letak plasenta,
menetukan kehamilan ektopik, mendeteksi tumor ovarium/fobroid,
mendeteksi kelainan pada thyroid, payudara, hati, kandung empedu,
pankras, limpa, ginjal, kandung kemih dan prostat.

Siapa saja yang bisa melakukan pemeriksaan USG 4D ini?

Dokter spesialis radiology dan dokter spesialis lainnya yng terkait
(obgin,dll)

Sumber: http://www.mitrakeluarga.net/usg4d.html