ok deh saya ulangin.

Dulu irfan dr umur 4 bulan udh disuruh sunat ama dokternya krn katanya ujungnya sering kotor (phymosis?). Tapi saya masih ga tega nyunat umur segitu.

Nah abis itu dia beberapa kali sempet dirawat inap krn kejang demam, dan salah satu penyebab panasnya krn ujung (maap) penisnya itu sering kotor.

Krn masih blm mau disunat, sy coba konsul ke dr bedah anak, dr aryo di RS mitra Int'l. Di sana ama beliau disaranin diterapi dulu selama sebulan, dgn cara (maap) ujungnya ditarik ke dalam sampe keliatan merah , setelah sebelumnya ditetesin semacem obat bius gitu (serem bgt waktu itu).

Pas udh sebulan kita kontrol lagi dan kata dr aryo ga perlu disunat lagi.

Habis itu, beberapa bulan kemudian irfan sakit diare n dirawat di Hermina depok. Ama dokternya, sekali lagi disaranin agar segera disunat krn pas dia kontrol ujungnya (maap) penis irfan kotor lagi (biasanya juga klo kasus phymosis ini, ujungnya gak elastis).

Udah deh, sekalian dia lg dirawat inap, akhirnya kita sepakat irfan disunat. Sunatnya di ruang bedah, ama dr bedah ana (dr catur) lengkap ama dr anastesi. Irfan dibius total waktu itu. Operasinya kira2 30 menitan.

Abis dioperasi gitu, dia langsung jalan ke kamarnya. Suster2nya juga pada kaget pas liat irfan langsung jalan gitu (ga digendong).

Proses pulihnya (sampe bisa pake celana lagi) kurang lebih 2 minggu, dirawat di rumah.

Biaya operasinya waktu itu (paket) 1.5 jt.

Dah itu ya shasringnya.
Klo ada yg mo ditanyain lagi monggo.

rgrd

----- Original Message ----- From: "Naning Dwiyanti" <[EMAIL PROTECTED]>