Mba Hesti, dokternya dah bener kok...
sheva baru bisa di bawa ke dokter kalo di maaf fesesnya ada darahnya sama
ada tanda2 dehidrasi.
sebenernya kalo anaknya masih lincah apalagi masih mau makan dan minum sich
masih bagus yak... yg penting perbanyakan asupan cairannya aja... obatnya
cuma Pedialyte itu buat pengganti cairan yang ilang.

trus Lacto Bnya kayaknya dah gak di anjurkan ya kalo gak salah (CMIIW
dong....) ini ada artikel Diare dari milis _sehat_ mudah2an bisa membantu
---------------
APA ITU DIARE

Diare atau gastroenteritis (GE) adalah suatu infeksi usus yang menyebabkan
keadaan feses bayi encer dan/atau berair, dengan frekuensi lebih dari 3 kali
perhari, dan kadang disertai muntah. Muntah dapat berlangsung singkat, namun
diare bisa berlanjut sampai sepuluh hari.Pada banyak kasus, pengobatan tidak
diperlukan. Bayi usia sampai enam bulan dengan diare dapat terlihat sangat
sakit, akibat terlalu banyak cairan yang dikeluarkannya.
JENIS DIARE

Penatalaksanaan diare bergantung pada jenis klinis penyakitnya, yang dengan
mudah ditentukan saat anak pertama kali sakit. Pemeriksaan laboratorium
tidak diperlukan. Empat jenis klinis diare antara lain:

  - Diare akut bercampur air (termasuk kolera) yang berlangsung selama
  beberapa jam/hari: bahaya utamanya adalah dehidrasi, juga penurunan berat
  badan jika tidak diberikan makan/minum
  - Diare akut bercampur darah (disentri): bahaya utama adalah kerusakan
  usus halus (intestinum), sepsis (infeksi bakteri dalam darah) dan malnutrisi
  (kurang gizi), dan komplikasi lain termasuk dehidrasi.
  - Diare persisten (berlangsung selama 14 hari atau lebih lama): bahaya
  utama adalah malnutrisi (kurang gizi) dan infeksi serius di luar usus halus,
  dehidrasi juga bisa terjadi.
  - Diare dengan malnutrisi berat (marasmus atau kwashiorkor): bahaya
  utama adalah infeksi sistemik (menyeluruh) berat, dehidrasi, gagal jantung,
  serta defisiensi (kekurangan) vitamin dan mineral.

MENGAPA DIARE BERBAHAYA?

Diare menyebabkan kehilangan garam (natrium) dan air secara cepat, yang
sangat penting untuk hidup. Jika air dan garam tidak digantikan cepat, tubuh
akan mengalami dehidrasi. Kematian terjadi jika kehilangan sampai 10% cairan
tubuh. Diare berat dapat menyebabkan kematian.
PENATALAKSANAAN

Anak dengan diare ringan dapat dirawat di rumah. Penatalaksanaan yang utama
adalah menjaga agar asupan cairannya tercukupi, yaitu dengan memastikan anak
tetap minum. Cairan ini dibutuhkan untuk menggantikan cairan yang hilang
lewat muntah ataupun diare. Cairan sangat penting untuk diberikan, bahkan
bila diare bertambah buruk.

Jangan berikan obat yang dapat mengurangi muntah atau diare. Obat-obatan itu
tidak berguna dan berbahaya.

Berikan sedikit cairan namun sering. Berikan cairan semulut penuh setiap 15
menit sekali, hal ini baik diberikan untuk anak anda yang sering muntah.
HAL PENTING YANG HARUS DIINGAT

  - Bayi dan anak kecil mudah mengalami dehidrasi, oleh karena itu
  mereka butuh cairan yang diberikan sedikit namun sering.
  - Bayi berusia di bawah enam bulan dengan diare perlu diperiksa oleh
  dokter setelah 6-12 jam penanganan diare.
  - Beri minum setiap kali bayi muntah. Tetap berikan ASI untuk bayi
  yang masih menyusui. Bagi bayi yang minum susu formula, susu tetap
  diberikan sampai lebih dari 12-24 jam.
  - Berikan anak yang lebih besar satu cangkir (150-200 ml) cairan untuk
  setiap muntah banyak atau diare.
  - Teruskan pemberian makanan jika anak anda masih mau makan. Jangan
  sampai anak tidak mendapat asupan makanan sama sekali dalam 24 jam.
  - Bayi atau anak anda sangat infeksius, jadi cuci tangan sampai bersih
  dengan sabun dan air hangat, khususnya sebelum memberi makan dan sesudah
  mengganti popok atau celana.

Pisahkan anak atau bayi yang terkena diare dari anak atau bayi lain sebisa
mungkin, sampai diare berhenti.