secara teori gak tau ya...

ini pengalaman pribadi aja. Dulu anak pertama mulai isep2 jempol usia
5bulanan, gak bisa dialihkan terutama pengasuhnya juga kurang telaten,
akhirnya diksh empeng. Usia 13 bulan disapih cm butuh waktu seminggu aja uda
lupa.
Yg kedua diksh empeng usia 2bln krn maunya nyusu terus sampe muntah2. Skrng
uda 9bln mulai jarang pake empeng, suka dilepeh2.
Pertumbuhan gigi anak yg pertama alhamdulillah bagus, yg kedua baru tumbuh
gigi 2 atas bawah.

Skrng anak yg pertama lg ada mslh sama gigi nya, bukan krn empeng, tpi krn
kebiasaannya minum susu sambil tidur, jadilah radang.

Jadi menurut saya, yg salah bukan metodenya, tapi
penerapannya. Misalnya empeng, sebaiknya digunakan klo ada tanda2 mulai
menghisap jempol, jgn diberi setiap waktu. Sering diajak main dan ngobrol
biar lupa sama empengnya. Saya suka liat di mal ato anak tetangga yg selalu
diksh empeng all the time, akibatnya pertumbuhan giginya gak bagus dan telat
bicara.

Ya semuanya kembali lagi ke ortu masing2 metode apa yg terbaik diterapkan ke
anaknya dan sebaiknya analisa dulu pro and cons nya.

~ela~