Pagi semua ,
Mama Bryan ..,  maaf baru di reply  , saya  sabtu  off   so.., baru buka
email sekarang.....
Maksudku dibungkus di sini  ,  tidak  dalam artian dibungkus.. secara
ketat  ( spt orang habis  mandi pake handuk gitu..) cuma  waktu itu  dinov
ditidurkan dalam keadaan  telanjang  terus  handuk  3/4 yg agak besaar  di
lebarkan lalu  tubuh  spt  diselimuti dgn handuk hangat. belakang
punggungnya  juga  harus  ada handuk  yg  hangat  juga  . kalo dibungkus
ketat  wuiih.. dinov juga  gak mau.... rewel  bo'  .
mungkin juga yach... kalo anak  yang sudah  besar  ( lebih dari 1,5 thn  )
treatmentnya  seperti itu ...., tapi  menurut ku sih...lebih baik  buat
anak kecil(  dibawah   1,5 thn  )   di  wash lap  aja  seluruh  badannya /
spt  kaya mau mandi gitu.....  udah  2 /3 kali di wash lap langsung
dikeringkan .... kasih minyak  telon  di punggung , perut / ,tangan.
terutama  spt bunda reva bilang  telapak kaki   tidak boleh dingin .......
harus dalam kondisi hangat   di kasih minyak telon boleh  digosok -gosok ke
telapak tangannya  sampai hangat  lalu  pakaikan  kaos kaki. pakaikan baju
/ kaos yg menyerap keringat.biasanya  suhu tubuh turun   sambil kita terus
check dgn  thermometer  and kasih minum  air putih , teh manis  ,  kalau
mulai panas lagi.. .. ( yg saya lakukan )  tanggalkan lagi bajunya
kompres lagi dgn  air hangat spt cara diatas.... pokoknya berulang
-ulang......sampai suhu tubuh mereda.....

kayaknya kalo m asuk  angin , menurut ku sih engga  ya...... ,asal  perut
anak jgn kosong , kan  biasanya  ada jeda tuh.. suhut ubuh anak lagi
mereda .., beri dia minum  air putih /teh manis ..sebanyak-banyaknya  pakai
sendok   . aku sich  dulu gitu...treatmentnya .......syukur kalo  1/2 gelas
mau.... .
Kalo cara lain selain obat  dan  spt  itu..apa ya...   yg jelas  itu
pencegahan pertama .., sebelum ke dokter .....
mungkin  bisa dilakukan  :
   -  anak  digendok dalam keadaan  dada terbuka  lalu dekap anak  ke
ayahnya  tanpa    kaos  sehingga  suhu tubuh  mengalir  ke  ayahnya .
biasanya  ini juga membantu   mengurangi  suhu  tubuh /panas anak yg
tinggi.
   -  Cara tradisional  juga bisa  ( CMIIW ) ... spt  balur  seluruh tubuh
dgn bawang  merah yg  di tumbuk kasar  campur  dgn minyak kelapa sedikit +
minyak telon /.
       (  yg ini jarang aku lakukan , krn  bau bawangnya yang  gak kuaat..)
  -   Banyak minum air putih.../ cairan  apa aja karena   menurutku sih..
anak  sakit       itu  ( tanda-tanda mau sakit   sebelum panas  tinggi
datang  )  kan kelihatan      tuch.., saya biasanya beri  dinov banyak
minum air putih / ato  juice  atau        buah-buahan spt  semangka yg
banyak      cairannya.  terus   saya  pokoknya   kasih      makan yang
lunak dan lembut   spt bubur ,  kuah sup dll pokoknya  ada makanan yg
masuk ke perut biar  gak kosong  ,  tapi  yach..namanya juga   memang  mau
sakit ,     di  kasih juga gak  efek , panas  mulai  menyerang   ya
..udah..
      saya langsung deh.. ke tahap  berikutnya...... spt  ngontrol suhu
tubuh, mulai      kompres     -mengompres  ,  dan
      2 hari gak turun  juga  berarti ada infeksi  ke dokter  lah.... ,
setelah  diberi   obat  dari dokter masih panas ....
yach..kompres-kompresan lagi dirumah.......     soalnya  pasti  obatnya kan
1 - 2  hari  belum bekerja  ...pasti masih  ada             panasnya..... .
- Jangan lupa  loh..mamanya bryan.., titip ke orang rumah.anak kita
kan...lagi  sakit ........  ( kalo kita  bekerja  ) ini yang beraaat
banget  .....  apalagi ditinggal ma  baby sitter /pembantu wanti-wanti
deh..kasih tau gimana  treatmentnya ke mereka-mereka ini..harus  ada  yg
awasin juga kan..spt nenek nya /  paman /bibinya..
anak  masih kecil lagi sakit.. kan belum bisa ngeluh..... yang mana yg
sakit .. itu tuh........,

Gitu aja yach..mba.. sharing ku.... maaf kalo gak membantu../ kurang
puas..,  mungkin ada yg mau nambahin  ??dari Bunda reva  sharingnya  juga
lengkap  lho......

Mamahnya Dinov