To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, April 25, 2007 1:47 PM
Subject: Re: [balita-anda] ide dunks.. permainan yg menstimulasi

klo nayla sekarang tiap hari mainnya (ga dari buku, spontan diajak maen
ma
emak en mbak nye aja)
- main masak2an, motong sayur,buah pake piso kayu or boong2an (buah dr
mainan yg dari kayu, sayuran metik daun dibelakang rmh gw), pura2 bikin
kue dll
-main dokter2an: tiap ari dora,teletubis,barney  diperiksa kedokter,
disuntik,kompres,mik obat dll (doi kadang jd mamahnya, kdg jd dokter,kdg

jadi suster)
-main ulangtahun: sama objek nya boneka2 nya, kadang nayla berimajinasi
jd
mamahnya,jadi mbak nya, gw,2 mba nya nayla, om nya nayla, my hub pasti
kudu dateng pura2 kondangan ke cara ultah boneka2 nya itu, acara 5
menit,
nanyi ulangtahun,tiup lilin,potong kue (hampir tiap hari..gw en hub
kebagian jatah pas pulang kerja tau2 nayla manggil' papi..momy ayoo
cepet
datang ulang taun, sdh lame tamunya' )
-main petak umpet...kebanyakan kita yg disurh nyari doi, en pura2 ngga
liat, secara doi klo ngumpet bodinya krn endut sering nongol ;p
-main sekolah2an: sama ma kedokter, nayla kdg jadi guru,kadang jadi
murid
-main lompat2an hiks..ini seringnya diatas kasur (untung per nya kuat,
sementara lum rusak)
-main idol an: kdg jadi juri, kadang jadi peserta..lucu juga liat
expresi
nya klo gi nyanyi, sambil joget...dah gitu kita ngga bole ngetawain or
kliatan lucu bisa2 malu ga mo nyanyi lagi..
-main nyuci dan setrika2an..(sengaja make baju nayla yg jadul ga dipake
lagi, tak taro dibox khusus..) mainnya pura2 nyuci,nyetrika..
-main jadi ibu ibu : nayla suka berperan jadi ibu yg mau kerja (ini
ngambil contoh emaknya kali ye, soale doi slalu bil ma boneka2nya, jgn
nangis..mama mo kelja, cali uang bantu abinya ya sayaaaang), kadang jadi

ibu2 mo berangkat ke pasar...
-main ayun2an (ini biasanya jam 4 sore bis mandi sore...en ngumpul or
sosialisasi ma anak2 tetangga..)didepan rumah or taman komplek..
-main PS en komputer  (ini jarang biasanya ma babenye sesuai hobi
babenye)
sementara ini nayla seneng main barbie, ma balapan mobil spongebob
-main din tak udin (ini mainan gw jadul dilampung sono) jadi slh satu
tersangka tdr tengkurap, 3 org or lebih nanyi diatas punggung yg jaga
tadi, sambil nanyi' din tak udin si udin mau kawin potong kerbau pendek
salah satu megang batu..tak emm emmm mana dia...3 x, trus batu tsb
dipegang ma slh satu 3 org tadi, nah yg jaga tadi kudu nebak sapa yg
megang, klo ketebak..yg megang batu tsb gantian jaga (tidur tengkurap),
klo ga bisa nebak..dia kudu jaga lagi..
dan nayla biasanya kena jaga mlulu hihihi
- main puzzle,mewarnai..aku ma hub kudu ikut, klo kerja ma embaknya jadi

pura2 lomba mewarnai..
-main susun balok en bikin kereta2an..kdang kita disuruh jd kereta, main

kuda2an..jd nayla naek punggung abi nya en abinya jadi kuda..
-main cerita2an: nayla berpura2 (lagi2 menirukan emaknye) cerita or
dongeng depan boneka2nya, cerita kancil dan kelinci..ga apal bgt seh
ceritanya tapi intinya sama..mungkn saking apalnya tiap malem aku en hub

baca dongeng sebelum bobo, lucunya boneka2nya itu diselimutin en kita
klo
bicara ngga bole berisik tkt anak2nya nangis hihi.
-main gendong2 an en barbie: Nayla diajarin mbanya ngebedong bayi,
mandiin
bayi tentu saja make barbie or boneka2nya..

hmmm main apalagi ya lupa..
gitu deh nayla tiap ari dirumah...jadi full bermain..kadg diselipi
nyanyi
or tebak warna,angka..abjad tapi ga keharusan..kupikir ga perlu
dipaksakan..

=sefty=