Bu Rita

Jika anda membeli reksadana saham, maka jelas nilai investasinya
akan seirama dengan saham dibursa, namun ada perbedaan mendasar
bahwa reksadana saham yang anda beli akan dikelola oleh manager
investasi yang akan membagi resiko dengan membeli saham lebih dari
satu saham (biasanya sekitar 5 saham), sehingga saat adanya gonjang-
ganjing beberapa saham maka dipastikan reksadana saham tidak akan
langsung mengefek ke saham tertentu saja.

Untuk berpikir tentang rencana pensiun, sebaiknya jangan mengharap
dari asuransi jiwa yang telah anda miliki, asuransi jiwa adalah untuk
mengantisipasi hidup terlalu pendek dan rencanan pensiun adalah
untuk merencanakan keuangan dalam hal mati terlalu lama, jadi
antara asuransi sangat bertolak belakang dengan manfaat pensiun.

Jadi sebaiknya merencanakan pensiun, beberapa hal yang harus
diketahui:
1. Usia saat ini, rencana usia pensiun yang diharapkan
2. Berapa lama pensiun yang direncanakan (biasanya hingga usia 75 thn)
3. Berapa biaya hidup saat ini dan target biaya hidup saat pensiun

Dari pertanyaan diatas, maka baru dapat dihitung kebutuhan pensiun
seseorang dan kewajiban (iuran) yang harus dipenuhi per bulan.

Jika bu Rita ingin mengetahui berapa target dana yang harus dicapai
untuk manfaat pensiun, mhn jawab pertanyaan diatas dan saya dapat
bantu hitung kewajiban yang harus ibu sediakan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam

Rasdi
----- Original Message ----- From: "fin.pk1 ( Rita )" <[EMAIL PROTECTED]>