Terima kasih atas infonya Pak rasdi, saya jadi mikir2 lagi nih mo ikut
apa ga :-)

-----Original Message-----
From: rasdi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, May 09, 2007 12:17 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] TAKAFUL LINK

Bu Yenni

Pada dasarnya produk Takaful Link adalah jenis asuransi unit-link,
dimana lebih terfocus rencana investasi ketimbang asuransinya sendiri.

Untuk tujuan investasi pasti lebih menarik jika dibanding produk
asuransi traditional, seperti asuransi whole-life, atau asuransi
bea-siswa dll.

Namun jika prioritas memang untuk investasi maka sebaiknya pembanding
untuk bahan compare adalah dengan produk setara seperti reksa-dana,
produk unit link setara dengan reksadana dimana ada kesamaan dalam hal
tidak adanya kepastian hasil investasi yang dijamin.

Untuk mengetahui kinerja atau hasil investasi, maka bisa dilihat kinerja
setahun terakhir sbb:
Jenis Produk                        Hasil investasi setahun terakhir
Takaful Dana Mizan             17.17%
Takaful Dana Istiqomah        11 %

Memang sepintas hasil investasi produk tsb cukup menarik jika dibanding
deposito yang return per thnnya sekitar 7-8%, namun jika kita compare
produk setara semisal reksadana, maka terlihat hasilnya akan jauh
sekali, katakan reksadana campuran yang return setahun terakhir bisa
diatas 35% atau bahkan reksadana saham yang return setahun terakhir
bahkan diatas 50%.

Inilah yang dapat menjadi bahan pertimbangan, saat anda merencanakan
untuk investasi maka belilah produk yang murni investasi sedang
kebutuhan asuransi juga pastikan untuk memiliki polis asuransi dengan
pertanggungan yang memadai.

Salah satu kelemahan berinvestasi pada produk asuransi seperti
unit-link, adalah apabila dithn-thn awal anda akan menarik seluruh dana
maka anda harus bersiap-siap bisa jadi jumlah yang anda terima jauh
dibawah total dana yang telah anda setorkan sebagai premi

Demikian, semoga menjawab pertanyaan anda

Salam proteksi