Mbak Juli,

Mbak hanya perlu kepercayaan diri aja. Yakin pada diri sendiri. Dalam hal ini
yakin bahwa asi kita akan cukup utk bayi. Memang sih kadang sutris sendiri klo
ngeliat volumenya yg sedikit. Tp klo kita tenggelam sm setresnya kita..otomatis
asi semakin sedikit. Jadi musti positif dan mudah2an bisa menjadi semangat
dalam diri kita sehingga nantinya akan membuat organ "pabrik susu" utk
memproduksi. Memang beda klo kita dirumah.
Mengenai Laktasi, aku rasa ngga ada salahnya jika memang kita sempat/ada waktu
utk mengikuti. Karena akan sangat membantu. Terutama bagaimana cara kita
memassage payudara sehingga akan semakin memperlancar produksi asi.. Merawat,
posisi memerah yang baik, dlsb.
Jangan lupa juga utk selalu mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang
cukup. Klo memang perlu minum susu menyusui jg ngga ada salahnya kok....aku
dulu jg begitu.
Dulu aku sempet ikut kelas ini juga...tp dah 3 th yg lalu...dan kelas ini juga
diberikan gratis krn kebetulan kursus ini diberikan kesemua ibu sesudah
melahirkan disetiap jeda waktu menyusui.
Tapi kalaupun mbak sudah 3,5 bln lalu melahirkan dan mau ikut kursus ini tetap
bisa kok...tinggal daftar aja.

Maaf...terus terang klo crita ttg laktasi aku begitu bersemangat...dan sangat2
menyarankan jika memang kita mampu utk menyusui bayi kita ya go for it....
hehehe...dulu aku sampe pinjem toilet executive bos ku...dan bos aku pindah
pake toilet karyawan...gara2 ruangannya aku booked...:)...
Jd meskipun aku "belum" jadi FTM tp at least sudah lega bisa exclusive ASI
meskipun hanya 4 bulan dan bisa aktif menyusui anakku sampai 1 tahun 2 bulan...
Klo inget dulu bawaan ke kantor....hehehehe kayak mo perang...:p..tp klo pas
pulang bisa bw itu peralatan perang full asi rasanya seneng banget.....:)
Walah..jd curhat deh....:)
Intinya..jangan menyerah ya mbak....

Salam,
-MamaIyo-