mbak, untuk mengarahkan anak mungkin kita mesti konsisten kalo sudah memutuskan
sesuatu. Reaksi anak jangan dihiraukan, mau marah, nangis, teriak jangan
dihiraukan. Memang kalo kita belum biasa berat tapi kalo kita bisa kosisten
(bertahan) anak akan tahu tidak semua keinginannya dituruti dan dia harus
patuh. Dengan begini anak akan bisa kita kendalikan.

Misalnya Saya buat peraturan, anak saya (5,5 th) boleh nonton TV hari sabtu dan
minggu. Jadi malam hari TV nggak boleh dihidupkan, malam adalah waktunya ngaji,
belajar, baca buku.jadi konsekwensinya saya dan suami juga nggak nonton TV.
Pertama kali saya terapkan aturan itu, anak saya marah-marah dan ngambek,
maklum anak saya sebelumnya sudah biasa kalo makan sambil nonton. Waktu pertama
kali itu dia agak berat tapi saya tetap bertahan alaupun dia marah dan ngambek.
Besoknya dia sudah bisa menerima.

Justru waktu anak masih kecil anak masih bisa kita kendalikan, apalagi masih
balita. Dalam dunia psikolog katanya anak bisa dibentuk sampai umur 10 th,
lewat umur 10 th lebih sulit.

Anak itu ibarat seperti semen basah, makin lama makin keras makin sulit
dibentuk.

Hanifa