To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, May 21, 2007 4:37 PM
Subject: Re: [balita-anda] Proses Bicara si Anak

saya nggak tahu dulu gimana Pak..ntar saya tanya ibu ya..he,..he..just
kidding.

Udah bosen kali ya kalau dibilang tiap anak unik :-)
Utk berbicara, yg penting anak ada kemauan utk berkomunikasi.
Komunikasi usia <2 thn tdk melulu dgn berbicara, krn memang masih terbatas kosa katanya...mungkin dgn narik-narik papa-nya..tunjuk-tunjuk benda dsb,
itu jg salah satu komunikasi.
Menurut saya sih Steven perkembangannya masih wajar ya..tapi ini bdskan
sharing Pak JJK aja..saya rasa sih lihat langsung jg sama.

Bukan malas bicara, tapi belum tahu cara mengeluarkan kata-kata. Kadang ortu
jg bisa bikin anak malas latihan bicara. cth, anak pegang bola, terus
bolanya jatuh..eh langsung diambil sama ortu. Kalau gini kan anak jadi
males, krn apa-apa udah dilayani dgn baik sama ortu :-)
sebaiknya dirangsang /stimulasi utk bicara cth : mau apa? oo ambil bola..yuk
bilang bo-la dst.
Yg penting interaksi, kedua belah pihak harus imbang komunikasinya

Sabar ya Pak...nanti kalau udah bisa ngomong kewalahan sendiri deh :-)
Coba cari arsip BA ttg tip-tips anak belajar bicara.

Faris mulai "nyembur" kata-katanya usia 2 thn lebih.. (antara 2- 2thn 6 bln
deh)

Dini

----- Original Message ----- From: "Jusuf Jaya Kusuma" <[EMAIL PROTECTED]>