Dear Mama Dinov & Nanda,

Ini aku copy artikel tentang Cacar Air, semoga membantu

Salam
MamaFaisIrfanTAnia

*CACAR AIR atau VARICELLA *

Varicella pada anak umumnya perjalanan penyakitnya jauh lebih ringan dan
tanpa komplikasi (kecuali pada anak dengan daya tahan tubuh yang rendah
misalkan pada keganasan, terapi steroid, HIV/AIDS) bila dibandingkan dengan
pada orang dewasa, bila mengenai ibu hamil juga berbahaya karena dapat
menyebabkan varicella congenital (infeksi varicella bawaan), juga cacat pada
janin. Infeksi pada 5 hari hingga 48 jam menjelang persalinan bisa
menimbulkan
infeksi perinatal pada bayi yang 30%nya bisa bersifat fatal.

  1. anak divaksinasi pada usia 12-18 bulan atau setidaknya satu kali
  pada usia apapun selama belum pernah mengalami cacar air (hingga usia 13
  tahun)
  2. anak atau dewasa diatas 13 tahun yang belum pernah terkena cacar
  air mendapat 2 kali suntikan varicella dengan jarak 4-8 minggu.
  3. sama seperti MMR, vaksin varicella diberikan setidaknya 4 minggu
  sebelum hamil (semakin jauh semakin aman, jadi ada baiknya 12 minggu
sebelum
  hamil)

Cacar air sebagaimana infeksi virus lainnya selama tidak menimbulkan
komplikasi, tidak memerlukan penanganan khusus. Prinsip penanganan cacar
adalah menjaga agar vesikel/gelembung itu tidak pecah, dan mengurangi rasa
gatal yang bisa menimbulkan garukan sehingga gelembung tersebut pecah.

  1. cacar air pada anak bisa tanpa gejala prodromal (gejala awal
  seperti demam, sakit kepala, badan linu, gejala infeksi virus lainnya.
  2. pada dewasa umumnya disertai gejala prodromal
  3. bila terdapat gejala prodromal cukup diberikan parasetamol saja,
  jangan diberikan asetosal meskipun pada orang dewasa sekalipun mengingat
  risiko timbulnya sindroma reye berupa radang hati dan radang otak berat,
  dimana sangat jarang terjadi akan tetapi bila terjadi sangat fatal
  akibatnya, dan dapat terjadi sewaktu-waktu.
  4. gelembung cacar akan kempes dengan sendirinya, jangan dipecahkan,
  gelembung yang pecah dapat menjadi sarang kuman sehingga dapat timbul
  infeksi sekunder.
  5. untuk menjaga agar tidak pecah maka diberikan bedak yang tujuannya
  menahan tegangan permukaan gelembung
  6. untuk mengatasi rasa gatal bukan dengan antihistamin, karena pada
  dasarnya cacar air bukan alergi, rasa gatal yang hilang karena pemberian
  antihistamin bukan karena kerja anthistamin tersebut akan tetapi karena
efek
  mengantuk yang ditimbulkan dari antihistamin
  7. cacar air boleh mandi, bahkan harus untuk membersihkan kuman yang
  menempel. Tidak perlu menggunakan PK karena bakteri yang ada cukup diatasi
  dengan  menggunakan sabun biasa (bukan sabun antiseptik), kecuali bila
  ada nanah itu pun bukan mandi tapi dikompres. Bila perlu gunakan sabun
cair,
  untuk mengurangi gesekan (bila dibandingkan dengan sabun batang)
  8. tidak perlu salep asiklovir, virus cacar ada didarah bukan
  dipermukaan kulit seperti herpes simplek virus, jadi pemberian salep
  asiklovir tidak ada gunanya.
  9. tidak perlu antibiotik, kecuali jelas ada infeksi sekunder yang
  membutuhkan antibiotik, misalkan pneumonia bakterialis. Kalaupun vesikel
  atau gelembung menjadi bernanah cukup dikompres oleh PK dan bial perlu
salep
  antibiotik.
  10. tidak perlu asiklovir minum, cacar sembuh sendiri. Pemberian
  asiklovir bertujuan mencegah pelipat gandaan virus. Asiklovir pun efektif
  hanya dalam 24 jam pertama setelah munculnya ruam cacar. Asiklovir
diberikan
  pada orang dengan daya tahan tubuh yang sangat rendah misalkan orang tua,
  dalam terapi steroid, dengan HIV AIDS, orang dengan kelainan paru dan
kulit
  kronik. Pemberian asiklovir pada ibu hamil dengan varicella tanpa
komplikasi
  tidak dianjurkan mengingat efek pada janin yang belum diketahui.
  11. AAP tidak menganjurkan pemberian asiklovir pada infeksi varicella
  yang mengenai anak atau bayi sehat.