Bapak ato Ibu ya?

Sharing sedikit pengalaman saya menangani anak alergi ya,..

Pertama, sayang anaknya kok gak dapet ASI? Padahal ASI adalah susu terbaik
terutama buat anak yg cenderung bakat alergi. Gak ada bayi yg alergi dg susu
ibunya. Untuk anak alergi susu, emang susunya harus yg AH. Susu biasa bisa
dicobakan dikit2 kalo bayi udah usia 1 tahun. Dan yang penting, anak usia 1
tahun makanan utamanya bukan susu, tapi sudah harus makanan padat.

Kedua, demam tinggi dan batuk pileknya mungkin disebabkan oleh virus, bukan
karena susunya. Memang anak alergi dampaknya bisa ruam kulit, diare atau
batuk pilek berkepanjangan.

Ketiga, anak gemuk bukan karena susu. Susu apapun isinya sama, kandungan
lemak nabati nya cuman beda2 tipis, gak berpengaruh signifikant sama bobot
bayi. Yang menentukan anak gemuk karena intake dan outputnya atau karena
bawaan ortu.

Masalah alergi, kayaknya semakin hari semakin banyak aja anak yg alergi.
Untuk anak alergi makanan, sebenernya tinggal jauhin aja dari pencetusnya.

Sumber protein yg lain gimana pak? Seperti daging ayam kampung, daging sapi?
Apa ada keluhan yang sama? Anak saya dulu alergi debu dan seafood. Badannya
semua korengan, terutama mukanya (kedua pipinya penuh luka2 sebesar koin
100rp-an). Pernah dibawa ke dokter spesialis alergi, dapet salep steroid dan
minum antihistamin Ryzen, lumayan berkurang. Pencetus alerginya, terus saya
berikan sedikit2. Sampai usia 2 thn, lepas minum Ryzen dan sudah bisa makan
seafood, sekarang juga saya gak perlu mem-vakum rumah terus tiap hari dan
ganti seprei tiap hari (cuman 3 hr sekali).

Coba konsultasi dg DSA nya pak soal pengaturan diet nya.