To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, June 05, 2007 9:38 AM
Subject: Re: [balita-anda] Q. Seputaran Balita

mak Wanda, jangan ditiru ya cara saya pake nyentil segala..;)
Sebisa mungkin hindari hukuman fisik.
Tapi yang jelas kita boleh marah kalo anak sudah melanggar nilai-nilai yg kita anut.

Ini pengalaman, anak saya sejak kecil saya perlakukan dengan lembut, ya pokoknya samalah seperti cara mendidik orang tua jaman sekarang. Anak kita jadikan sebagai teman dan selalu dengan persuasif.
Memang mendidk anak jaman sekarang nggak bisa model jaman dulu...
Anak saya mudah dukendalikan dan tumbuh jadi anak yang bahagia.

Tapi medidik dengan cara begini kalo nggak hati-hati ada kelemahannya, dari beberapa yg saya lihat (anak yg dididik dengan cara selalu dengan kelembutan tanpa ada ketegasan juga sama sekali tidak pernah dipaksa dan dimarahi) akan menyebabkan anak menjadi terlalu lembut dan sensitif.
Ini pernah terjadi pada anak saya.

Kalo punya sifat seperti ini bagaimana bisa menghadapi dunia luar, dia akan menjumpai bermacam orang dg bermacam karakter. Nanti sedikit saja ditegur/dikitik atau dimarahi sama bosnya dia akan ciut dan nggak menerima. Sedikit saja di kritik sama bosnya dia tersinggung dan keluar dari pekerjaan. Saya pernah melihat kejadian seperti ini.

Kalo anak dibawah 4 - 5 th dengan tidak memperhatikan (dicuekin aja) masih ampuh utk mengendalikan anak, tapi setelah umur itu cara-cara begini sudah nggak mempan. Semakin bertambah umur dan dunia anak semakin luas, kosa katanya sudah banyak, cara-cara pendekatan ke anak juga tidak sama.

Dulu kalo saya menasehati anak, anak saya selalu bertanya "kenapa ?", kenapa harus makan, harus tidur tepat waktu, harus mandi, harus beresin kamar etc...
Saya jelaskan begini..begini..
Tapi ternyata dalam berapa hal tidak semua dia bisa bertanya karena dia belum paham utk dijelaskan dan dia harus patuh.

Dulu anak saya bertanya kenapa nggak boleh nonton TV, kenapa malam hari waktunya belajar. Saya jawab ini peraturan dirumah.
nggak boleh ngebantah orang tua dll
Kalo begini saya sudah harus tegas dan dia nggak bisa nawar-nawar.

Tapi setelah belajar agama di sekolahnya dia paham kenapa dia harus patuh pada orang tuanya. Maka saya saya beruntung anak bisa saya sekolahkan ke sekolah yang penerapannya Islamnya baik, Insya Allah anak akan paham dengan nilai-nilai agamanya.

Hanifa

jangan kan salma yg sudah besar mba'wanda..
daffa 2thn4bln juga dah bisa ngelawan...mis dia mua sesuatu
ngga kita turutin udah deh dia keluarin adatnya "ngambek"
kadang sampe jatuhin diri loh...suka malu juga sih kalo
diluar rumah gimana ya ....tapi aku pake cara pas dia minta sesuatu
yg aku ngga suka...aku cuekin..emang sih dia nangis tapi paling cuma
sebentar tuh terus cari maknya deh sambil bilang..
"Mama..maap...maap sambil peluk2x" hehehe...

sori ngga bantu cari solusi,....kalo ada solusi lain mau juga dong
ngadepin anak yg mulai besar..