Pengalaman saya beli buku untuk anak.
Yang penting cari tahu dulu minatnya dimana. Ada anak yg minat dg otomotif
(seperti anak saya) kalo dibeliin buku binatang, dibaca 1-2 kali udah bosan.

Sejak anak saya masih kecil banget saya selalu beliin buku ttg otomotif
(pesawat, kapal, kereta api, mobil, dll), awalnya beli yg asal ada gambar
mobil aja udah suka. Tapi lama2 kelamaan terpaksa beli yg agak rumit, karena
susah nyari buku otomotif untuk anak kecil.

Cara membacanya, ya dibacain sesuai umurnya. Buku yang sama bisa dibaca
berulang-ulang, awalnya diceritain scr sederhana tambah gede umurnya bacanya
tambah lengkap.

Sekarang umur 3.5 thn udah bisa bedain yg namanya balapan F1, Indy, Le Mans,
Nacar, dll Padahal saya gak hobi sama yg namanya balapan. Sekarang lagi
demen nanya dan baca tentang kejadian2 alam.

Intinya, jangan meremehkan kemampuan anak. Buku yg kita anggap sulit, belum
tentu mereka gak bisa lho.