Bakat asma memang diturunkan Pak ... jika ortu atau kakek nenek ada yg asma
kemungkinan untuk menderita asma jadi lebih tinggi

Di keluarga ibu saya , kakek nenek tidak ada yg asma (gak tahu kondisi
keempat ortu mereka), tapi karena lingkungannya kurang bagus pada saat itu
(di rumah ada gudang tembakau dan berada persis di depan jalan protokol kota
sehingga setiap saat menghisap asap kendaraan dan bau tembakau). Akhirnya
semua ibu & saudaranya kena asma dan anak2 mereka 25-50% mengidap asma,
begitu pula cucu2 mereka saat ini hampir seluruhnya memiliki masalah dengan
alergi & asma

Anehnya, kami2 ini kalau lagi di luar negeri yg lingkungannya bersih jadi
lebih sehat gak pernah kumat. Saya kira faktor lingkungan sangat
mempengaruhi di sini tidak hanya faktor keturunan saja, Indonesia terutama
Jakarta sangat buruk sekali kualitas lingkungannya.
Anak saya sekitar 3 minggu lalu juga oleh DSAnya diminta inhalasi karena
asma, dan saya sudah 2 minggu ini tiap hari harus semprot2 mulut, gara2
kebanyakan nelen asep :-(

Biasanya oleh dokter kita diminta untuk sebisanya menghindari pencetus /
alergen, meningkatkan ketahanan tubuh dan siap dengan obat2an yang
diperlukan

sekian cerita asma keluarga kami
-vin-

dear all,

semalem si Raissa (2.5 thn --) nafasnya kayaknya agak2 pendek. Terus kayak
bunyi gitu. (bunyinya 'ngik..ngik..').

Tidurnya juga malam itu kelihatan agak2 gelisah. Walaupun sebelum tidur,
anaknya vtetep lincah n gak bisa diem hilir mudik maen ama kakaknya.

Pagi2, shubuh2 dia udh bangun. Seperti biasa dia juga langsung ambil
mainan terus hilir mudik lagi main seperti biasa, tapi sy perhatiin nafesnya
masih bunyi dan kayak agak tersengal-sengal gitu.

karena kuatir kenapa2, ama isteri dibawa ke tetangga yg kebetulan dokter
umum. ama tetangga diperiksa sebentar terus dianjurkan dibawa ke UGD.

Akhirnya kita bawa ke Hermina Depok. Krn hari minggu dan masih pagi, yang
ada hanya dr umum. Setelah dikasih tau kondisinya adan diperiksa lagi ama
dokter jaga, katanya raissa asma. Ini anak sebelum2nya emang jarang banget
sakit, apalagi sakit kayak gitu. makanya pas dokternya nanya sebelum2nya
raissa pernah kayka gitu apa nggak, kita jawab belum pernah.

Akhirnya raissa diinhalasi. ABis itu nafasnya kelihatan lega.

Pas dokter nanyain apa saya n isteri asma apa nggak, kita jawb nggak. Agak
heran juga itu dokter. pas saya tanya penyebabnya dia bilang banyak faktor
pencetusnya. KEbanyakan sih krn faktor keturunan.

Hhhhm...., kira2 beneran gak sih ya si raissa ini kena asma?. Buat
mastiinnnya gimana ya?. apa mesti ke dr spesialis paru2?. atau ada test yang
bisa memastikan anak ini asma apa ngggak..??.

Ada yg punya pengalaman?. pls sharingnya.

Txs n rgrd.

Kirim email ke