hi mbak Yani,

ini subjeknya saya ganti aja ya, biar gak rancu bahasannya

ada temen yg mengalami sama kyk m'Yani. Rhesusnya beda dgn baby yg
dikandungnya.
Pas hamil 1, anaknya alhamdulillah lhr selamat dan sehat pas waktunya,
normal.
Yg mslh adlh pas hamil anak ke 2. Jd menurut cerita temen saya itu, sejak
hamil ke sekian bulan (maaf lupa), dia hrs disuntik tiap brp kali gitu. Trus
mulai dr 7 bulan, tiap minggu hrs ke RSCM utk USG (disana peralatannya lbh
canggih dan ada ahlinya). Tiap minggu dimonitor terus detak jantung, air
ketuban dll. Nah pas hamil 8 bulan, detak jantungnya gak normal, akhirnya
diputuskan dilahirkan prematur lwt sesar. Pas lhr, ketahuan sel darah
merahnya krng (kyk anemia gitu), jd hrs transfusi darah. Temen saya sdh
kalang kabut cari darah, tpi stlh bbrp hr sel darah merahnya berangsur
normal. Di NICU selama kurleb 14hari baru blh pulang. Skrng usia anaknya sdh
2bulanan dan alhamdulillah sehat, BB nya jg sdh naik.

Mnrt temen saya itu, utk kasus beda rhesus biasanya kehamilan 1 gak tlalu
mslh, pokoknya ikuti anjuran dktr saja klo perlu pk 2nd opinion. Yg mslh
adlh kehamilan ke2 dst, klo baby nya beda rhesus dgn ibunya trus dejavu
dan akan menganggap baby nya sbg musuh, jd dilawan terus (prinsip kerjanya
kyk antibodi klo ada kuman penyakit dia akan berusaha memusnahkan), klo tdk
diantisipasi dr awal mgkn akan mengalami keguguran.

Makanya temen saya itu sblm memutuskan hml lg, dia tunggu anak 1 nya besar
dulu, trus siapin mental dan duit coz butuh dana yg gak sedikit jg incase
terjadi sesuatu.

Jadi mnrt saya, mbak ikuti saja saran dktrnya, makan makanan yg bergizi, byk
baca2 ttg beda rhesus, bagus lagi klo ada yg sharing pengalaman jd sdh ada
bayangan nanti gmn. Dan jgn lupa ya mbak, ntar klo uda lhr ksh ASI
terus...terbukti anak temen saya itu cepet bgt recovery nya stlh hmpr krng
darah.

-ela-