  From: Sitarasti
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Tuesday, September 23, 2003 1:48 PM
  Subject: [balita-anda] (OOT) PRMW.........Sepenggal kisah dari rekan kami...M.Wahab
(ASKI).....

        Let's pray for him.......

        PRMW itu singkatan dari Prama Radityo Mahadi Wahab , nama anak gua yang lahir
tanggal 11 September jam 07.09 pagi, atau 9 menit setelah dokter memulai operasinya di
RS Medistra. Prama artinya Suci, Radityo itu matahari, matahari itu satu berarti anak
pertamaku, Mahadi dari kata Maha Adi artinya unggul segalanya, cukup dipanggil Tyo
saja  . 30 menit setelah lahir aku dikabari oleh dokter bayinya sehat beratnya 2,8 Kg
dan panjang 49 cm. Belum sempat aku syujud syukur teryata ada kabar buruk tentang
anakku bahwa ada  sedikit kelainan bawaan (genital) yaitu atresia ani atau tidak ada
lubang anus di bayiku .... rasanya nggak karuan saat itu, antara seneng dan sedih.
Nggak kebayang bagaimana rasanya istriku nanti kalu mendengar kabar ini, aku cuman
bisa naik ke kamar dan ngambil air wudlu untuk sholat istiqomah dan manangis di atas
sajadah ......
        Tyo langsung masuk ke inkubator di lantai 3, dan sambil naik jalan dari ruang
operasi ke inkubator dr Eric Gultom menjelaskan segala kemungkinan yang bisa diderita
oleh Tyo dan saat itu juga Tyo langsung diinfus. Sepanjang pagi sampai siang aku cuman
mikir bagaimana cerita ke Iie, istriku ....... Apa perasaan dia kalo mendengar kabar
ini ..... Istriku sempat cemburu saat Tyo ada di kandungan, karena kalau tyo bergerak
di dalam perut sehingga membuat istriku kesakitan kalau istriku sendiri yang meminta
dia diam pasti malah tambah kenceng geraknya, tetapi dengan usapan lembutu ke perut
istriku sambil aku ngomong, " Sayang, kasian boenda kesakitan nahan gerakan sayang
....  sayang diam dulu ya ...." nggak berapa lama pasti Tyo berhenti bergerak ......
hehehehehe nggak tahu kenapa kok cuman nurut sama aku ......
        Masih berfikir bagaimana cara memberitahu Iie, ada kabar dari suster kalo
ternyta saluran kerongkongan Tyo juga buntu atau di istilah kedokteran disebut
Esophagus ani ..... jadi saluran makan atau kerongkongan buntu dan tidak ada jalur ke
lambung. Hasil foto rontgen menunjukkan bahwa saluran dari lambung ke atas memang
tidak nyambung tetapi malah nyambung ke saluran nafas .......
        Ya Allah ..... kuatkanlah aku dan istriku dalam menerima cobaanMu .... Hanya
kepadaMulah kami menyembah dan hanya kepadaMu lah kami minya pertolongan .......
        akhirnya dari mulai nangis yang tertahan karena istriku sudah ada di kamar
perawatan dan disaksikan seluruh keluarga, perasaan pasrah dan tawakal sajalah yang
bisa aku rasakan ....... Tidak ada tangis lagi dari aku siang itu karena aku sangat
tahu bahwa kondisi iie akan sangat tergantung pada kekuatannku untuk menerima semua
ini ....
        Aku hanya bisa berdo'a kepada Allah ..... Ya Allah, aku mohon ampun kepadaMu
atas segala kesalahan yang telah aku perbuat dan aku mohon berikan apa yang terbaik
untuk kami dan terbaik juga untuk tyo ..... aku rela menerima apa yang telah engkau
takdirkan kepada kami, Aku sungguh ingin Tyo hadir di keluarga kami sebagai anak yang
sehat sehingga kami bisa mendidik dia agar bisa sebagai anak yang sholeh, bermanfaat
dan patuh kepada orang tuanya ...... ampunilah aku apabila do'a yang aku panjatkan ini
tidak berkenan kepadaMu dan mohon berikan yang terbaik kepada keluarga kami.

        Akhirnya operasi  dilangsungkan keesok harinya Jum'at tgl 12 September jam 7
malam oleh dr Komaruddin B (Ahli bedah anak) dan dr. Alex .......Sebelum masuk ke
kamar operasi aku berdua sempet komunikasi dengan Tyo dan aku bilang " Yang kuat ya
nak ..... yang kuta ya sayang ...." dan rasanya tyo tahu ucapan itu sambil melihat ke
arahku ...... Ya Allah ....lucu sekali anak ini .....
        Tidak lupa saya dan istri serta keluarga menucapakan terima kasih kepada
Saudara , temen temen kami yang selalu support kami, bahkan sampai selesai operasi jam
12.00 malam pun kami lihat masih banyak yang menunggui di lantai 2 RS Medistra .....
thanks friends ....
        Sebelum operasi aku dipanggil oleh dr Komaruddin dan dijelaskan bahwa operasi
ini akan sangat lama dan sulit karena ada 3 hal yang harus dilakukan , yaitu membuat
lubang keluar salurang kerongkongan sehingga air liur dan cairan di mulut bisa keluar,
kemudian menjepit saluran dari lambung ke saluran nafas agar, air tidak masuk ke paru
paru, ketiga adalah membuat jalan masuk makanan dari depan masuk langsung ke lambung
dan yang terakhir adalah colostomi, yaitu membuat saluran sementara pengganti anus di
perut bagian bawah .....
        Setelah menunggu hampir 5 jam , akhirya jam 11.30 dokte komarrudin memberi
kabar bahwa operasinya sudah berhasil dan bayi dalam kondisi normal ... Alhandulillah
ya Allah ... akulangsung naik ke atas dan menjemput istriku ke bawah dan tidak lupa
melakukan sujud syukur ke hadirat Allah SWT ....
        Sudah diperkirakan juga ternyata kondisi pasca operasi juga suatu tahap yg
sangat sulit dan karena terlalu lama di ruang operasi kondisi Tyo kurang
menggenbirakan .... Suhunya turun dan ada masalah dengan pernafasan dia ....
        sampai jam 04.00 pagi Dr Eric mengangni Tyo hingga akhirnya berhasil
memasukkan selang oksigen langsung ke hidung Tyo menembus ke saluran nafas ...... Ya
Allah sungguh kuat anak ini ..... aku sampai nggak tega melihat dia saat esok hari
sesudah operasi nafasnya masih tersengal sengal .....
        seteah 2 hari dalam ruang NICU atau Neonatus Intensive Care Unit, kondisi Tyo
mulai membaik, tingkat bantuan alatnya mulai dikurangi banyak dan kencingnya pun sudah
banyak selkali tanpa bantuan obat lagi tetapi masa kritis mungkin masih belum
terlewati dan still long way to go untuk proses normal seorang bayi ..... mungkin
masih 2 tahap lagi operasi yang harus dilakukan .......
        Tidak lupa kami selalu mohon do'a dari teman teman untuk Tyo dan terima kasih
yang sebesar besarnya atas segala support kepada kami hingga saat ini dan juga mohon
maaf apabila kami belum respon sms atau email, sekali lagi mohon bantuan do'a agar
Alllah SWT memberikan kekuatan kepada Tyo untuk melwati masa sulit di saat Tyo memulai
hidup sebagai manusia ... Amin .. Amin Ya robbil 'alamin .....