Aku juga begitu kok... hari pertama ga keluar... tapi harus latihan terus.

Artinya tetap di nenenin memang keluarnya ga banyak tapi semakin sering di
nenein air susunya semakin banyak keluarnya. Biasanya bayi menangis bukan
karena ga dapet asi nya tapi dia kurang tepat lach ke puting susu ibu nya
jadi lepas2 terus. Akhirnya bayinya nangis, ibunya stress, eyangnya ga
sabaran kasih susu botol aja. Posisi menyusui yang salah, bentuk puting susu
yang kurang menonjol bisa membuat bayi lepas2 terus nenennya jadi dia kesel
dan nangis, bukan karena asinya ga kluar. Karena setiap kali disedot
payudara ibu yang baru melahirkan pasti mengeluarkan cairan kuning
(colostrum) yang sangat penting buat imunitas sang anak. Bayi klo dah bisa
maaf nih (mengenyot) dan didekap ibu pasti senang dan tenang.

Mbak yakinkan diri mbak sebenarnya Asi mbak banyak, jangan bilang asinya ga
keluar ...cuma teknik menyusuinya aja mungkin yang kurang tepat... Yang mbak
harus lakukan adalah tenang, makan makanan bergizi yang banyak dan minum
juga yang banyak, katakan selalu ASIKU BANYAK. Saya sarankan datang ke
klinik laktasi di st. carolus. Jangan mudah menyerah memberi susu formula
ya... Klo datang ke klinik laktasi bayinya di bawa ya mbak, mbak bawa eyang
nya, klo perlu bawa suami juga biar semuanya bisa satu persepsi "SUKSESKAN
ASI EKSLUSIF 6 BULAN" hehehe... good luck ya.

Thanks,
Muthi
Lagi masa ASI ekslusif juga!

On 6/25/07, Kartika Nusantari (PS - ENVIRONMENT) <