Hmm mo memperbanyak ASI yaaa…

Klo pengalaman aku nihh selain kuncinya di makanan
kitanya juga harus rileks n pede..
Klo di kantor sering2 aja merah.. per 3 jaman gitu
tapi ya kudu diinfokan ke boss dulu biar dpt ijin
Contonya aku nihh di rumah nyante sekali perah masing2
payudara bisa smp 100-200ml begitu hari pertama
ngantor ealahh 2x perah dptnya 350ml doang…hikkkss
soale bawaannya inget baby Ija mlulu sihh…

So, mbak sekarang + thinking aj ayaa.. jangan
frustasi, rileks n PD...
Klo perlu ke klinik laktasi yg ada di kota mbak ntar
diajarin n dikasih banyak  masukkan utk mempelancar
ASI

salam kenal yaa

Ini yaaa aku kasih artikel..
Smoga membantu yaa
Tips-tips agar ASI lancar & banyak

Dirangkum dari berbagai sumber (AAP, La leche league,
breastfeeding.com, WHO, dsb) dan ditulis oleh Luluk
Lely Soraya I

1.    Tingkatkan frekuensi menyusui/memompa/memeras
ASI.  Jika anak belum mau menyusu krn masih kenyang,
perahlah / pompalah ASI.  Ingat ! produksi ASI
prinsipnya based on demand sama spt prinsip pabrik.
Jika makin sering diminta (disusui/diperas/ dipompa)
maka makin banyak yg ASI yg diproduksi.

2.    Kosongkan payudara setelah anak selesai
menyusui.
Bahasan ini masih terkait dg point di atas. Makin
sering dikosongkan, maka produksi ASI juga makin
lancar.

3.    Yg tidak kalah pentingnya : ibu harus dalam
keadaan RELAKS. KONDISI PSIKOLOGIS ibu menyusui sangat
menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Menurut hasil
penelitian, > 80% lebih kegagalan ibu menyusui dalam
memberikan ASI eksklusif adalah faktor psikologis ibu
menyusui. Ingat : 1 pikiran "duh ASI peras saya cukup
gak ya?" maka pada saat bersamaan
ratusan sensor pada otak akan memerintahkan hormon
oksitosin (produksi ASI) utk bekerja lambat. Dan
akhirnya produksi ASI menurun.Relaks saja ya bu.
Disini sebetulnya peran besar sang ayah.Jika ayah
mendukung maka ASI akan lancar.
Mendukung bisa dg berbagai cara mulai dari
menyemangati istri
hingga hal2 lain spt menyendawakan bayi setelah
menyusu, menggendong bayi utk disusukan ke ibunya,
dsbnya.

4.    Hindari pemberian susu formula.
Terkadang karena banyak orangtua merasa bahwa ASInya
masih sedikit Atau takut anak gak kenyang, banyak yg
segera memberikan susu formula.
Padahal pemberian susu formula itu justru akan
menyebabkan ASI semakin tidak lancar. Anak relatif
malas menyusu atau malah bingung puting terutama
pemberian susu formula dg dot. Begitu bayi diberikan
susu formula, maka saat ia menyusu pada ibunya akan
kekenyangan. Sehingga volume ASI makin berkurang.
Makin sering susu formula diberikan makin sedikit ASI
yg diproduksi.

5.    Hindari penggunaan DOT, empeng, dkknya
Jika ibu ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun
memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan
sendok, bukan dot ! Saat ibu memberikan dg dot, maka
anak dapat mengalami BINGUNG PUTING (nipple
confusion). Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung
puting seperti ketika menyusu dot. Padahal,cara
menyusu yang benar adalah seluruh areola (bag.
gelap disekitar puting payudara) ibu masuk ke mulut
bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung
dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya
mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol,
hanya dengan menekan sedikit saja dotnya, susu
langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot
dsbnya.

6.    Datangi klinik laktasi. Jangan ragu untuk
menghubungi atau konsultasi dg klinik laktasi.  Disana
ibu dan ayah mendapatkan masukan secara teknis agar
ASI tetap optima.

7.    Ibu menyusui mengkonsumsi makanan bergizi.

8.    Lakukan perawatan payudara : Massage / pemijatan
payudara dan kompres air hangat & air dingin
bergantian.
 (Luk)

Regards,
Uci mamaKavin+Ija